Jumpa Pers Hasil Ujian Nasional SMP, Medcom.id/Intan Yunelia.
Jumpa Pers Hasil Ujian Nasional SMP, Medcom.id/Intan Yunelia.

83 Persen UN SMP Sudah Berbasis Komputer

Pendidikan ujian nasional
Intan Yunelia • 28 Mei 2019 19:52
Jakarta: Angka cakupan siswa yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) meningkat cukup signifikan dari tahun ke tahun. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir peningkatannya mencapai 80 persen.
 
"Ekspansi Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) ke UNBK ini sudah berlangsung sangat cepat di 2015 kemarin sedikit hanya 0,03 persen, melaju dengan cepat akhirnya di 2019 ini sudah 83 persen peserta sudah melakukan UNBK di SMP," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Totok Suprayitno saat Konferensi Pers Hasil Ujian Jenjang SMP/Sederajat Tahun 2018/2019 di Kantor Kemendikbud, Senayan, Sudirman, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2019.
 
Total jumlah peserta UN yang sudah UNBK per tahun 2019 mencapai 3,6 juta peserta didik. Meskipun jika dihitung dari cakupan provinsinya belum semua menerapkan UNBK, karena alasan teknis sarana dan prasarana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk jenjang SMP itu tujuh provinsi yaitu Aceh, Bangka Belitung, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan. Itu sudah 100 persen UNBK, selain itu Jawa Tengah," jelas Totok.
 
Baca:Baru Tujuh Provinsi Selenggarakan UNBK 100 Persen
 
Khusus untuk Nusa Tenggara Timur (NTT) tingkat pelaksanaan UNBK terendah nasional. Baru 26 persen siswa SMP yang melaksanakan UNBK. Tahun depan angka ini diharapkan bisa meningkat.
 
"Dilihat dari fasilitas juga enggak jelek-jelek amat. Tapi 26 persen peserta UNBK di NTT itu saya kira terlalu rendah. Ini saya kira soal kemauan tampaknya," terang Totok.
 
Catatan untuk MTs persentasenya lebih baik. Sebanyak 22 provinsi tercatat telah melaksanakan UNBK 100 persen tingkat Mts. Provinsi Maluku terendah, dengan angka partisipasi UNBK tingkat MTs.
 
"Paket B 33 provinsi sudah melakukan UNBK 100 persen. Kecuali Papua itu pun sudah mendekati 80 persen, itu 78 persen yang menjalankan UNBK," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif