Pelaksanaan PPDB di DKI Jakarta. Foto: MI/Angga Yuniar
Pelaksanaan PPDB di DKI Jakarta. Foto: MI/Angga Yuniar

Efektivitas Sistem Zonasi Perlu Dikaji Ulang

Pendidikan Sistem Zonasi
Intan Yunelia • 09 Desember 2019 17:53
Jakarta: Kebijakan pendidikan Sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) perlu dikaji kembali. Kebijakan tersebut dinilai perlu kajian dan riset mendalam untuk mengevaluasi efektivitas penerapannya di Indonesia.
 
“Kita perlu kaji agak lebih dalam karena sekarang walaupun kebijakan zonasi ini sudah berjalan beberapa tahun sebetulnya data-data untuk mengkaji kebijakan ini apakah efektif, berdampak atau memang mencapai tujuan kebijakannya itu memang belum dianalisa dengan cukup dalam,” kata PegiatPendidikan, Najelaa Shihab usai menghadiri acara peluncuran buku 'Kekerasan Terhadap Anak di Lingkungan Sekolah Sepanjang 2019' di Hotel Rivoli, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.
 
Tarik ulur pro dan kontra kebijakan zonasi belum menemui titik temu jika hanya berkutat dalam perdebatan penting atau tidaknya sistem ini. Menurut Najelaa, yang diperlukan adalah riset kajian mendalam berdasarkan hasil temuan di lapangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadi rekomendasi kami memang ada asesmen yang menyeluruh tentang kebijakan ini, karena pada akhirnya kita membuat kebijakan berdasarkan hasil rapat dan asumsi tanpa riset yang didukung oleh data lapangan,” ujar Najeela yang merupakan pendiri Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK).
 
Di sisi lain, kakak kandung dari presenter kondang Najwa Shihab itu melihat manfaat kebijakan ini bisa dirasakan di masa mendatang. Dampak yang paling terasa adalah soal pemerataan kualitas pendidikan.
 
“Untuk meneruskan kebijakan zonasi karena untuk tujuan jangka panjang itu kami percaya akan bisa mendukung pemerataan kesempatan pendidikan. Tetapi mengenai peran pusat dan ketentuan kebijakan pusat dan ada di bawah kendala daerah dan berkaitan dengan desentralisasi pendidikan itu kita perlu kaji lebih dalam,” tutur Najeela.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif