Cara mengtahui umur kucing. Foto: Pinterest
Cara mengtahui umur kucing. Foto: Pinterest

3 Cara Mengetahui Umur Kucing yang Bisa Kamu Coba

Wanda Indana • 11 November 2022 11:21
Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan dan sangat penyayang, dengan memelihara kucing dapat mengurangi rasa kesepian dan bosan.
 
Memelihara kucing sangatlah menyenangkan, banyak yang percaya bahwa jika kita membiakkan kucing dapat membuat hidup kita terbebas dari stres, kelembutan atau kehalusan rambut kucing dianggap sebagai terapi yang efektif untuk mengurangi tingkat ketegangan dalam emosi kita.
 
Tapi tahukah kamu, umur kucing memang cukup sulit ditebak, tidak seperti umur manusia. Seseorang bisa mengetahui umur kucing ketika ia mengetahui kapan kucing tersebut dilahirkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari laman The Spruce Pets, berikut perbandingan umur kucing dan umur manusia:
  • Kucing berumur satu bulan: manusia berumur satu tahun
  • Kucing berumur tiga bulan: manusia berumur empat tahun
  • Kucing berumur enam bulan: manusia berumur 10 tahun
  • Kucing berumur satu tahun: manusia berumur 15 tahun
  • Kucing berumur dua tahun: manusia berumur 24 tahun
  • Kucing berumur tiga tahun: manusia berumur 28 tahun
  • Kucing berumur lima tahun: manusia berumur 36 tahun
  • Kucing berumur 10 tahun: manusia berumur 56 tahun
  • Kucing berumur 15 tahun: manusia berumur 76 tahun
  • Kucing berumur 20 tahun: manusia berumur 96 tahun
Namun, tidak perlu khawatir, apabila mengadopsi kucing yang sudah besar, kamu tetap masih bisa mengetahuinya. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengetahui umur kucing.
 
3 Cara Mengetahui Umur Kucing yang Bisa Kamu Coba
 

1. Perhatikan gigi kucing

Ketika kucing sedang santai dan nyaman, coba periksa jenis-jenis gigi kucing untuk mengira-ngira usia kucing. Gigi susu awal kucing pertama kali muncul pada usia 2-4 minggu.
 
Kemudian, gigi permanen kucing akan menggantikan gigi susunya pada usia 3-4 bulan. Gigi dewasa ini umumnya sudah tumbuh maksimal pada usia 6 bulan dan pada masa ini semua gigi kucing berwarna putih dan tidak ada keusangan.
 
Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan gigi yang menguning. Gigi kucing akan memperlihatkan tanda-tanda penuaan seiring dengan pertambahan usia, gigi kucing yang berwarna kuning menandakan kucing sudah dewasa dan tua.
 
Baca: Viral, Banyak Kucing Mati Diduga Diracun di Malang
 

2. Periksa bulu kucing

Untuk mengetahui umur kucing, kamu perlu memeriksa ketebalan bulunya. bulu kucing bisa lebih panjang atau pendek. Dengan melihat tingkat kepenuhan bulu kucing kita dapat mengira-ngira berapa usianya. Bulu kucing tua bisa lebih tipis dari kucing muda. 
 
Selain itu kamu juga perlu rasakan tekstur bulu kucing, karena ada perbedaan samar pada tekstur bulu kucing di setiap masa dalam hidupnya. Kucing muda memiliki bulu yang lebih halus dan penuh, kucing tua bulunya cenderung lebih kasar, beberapa petak bulu abu-abu juga bisa muncul pada kucing tua.
 

3. Perhatikan matanya

Hanya dari memperhatikan mata kucing, kamu juga bisa mengetahui umur kucing tersebut,caranya dengan memeriksa tingkat kekeruhan atau kejernihan mata kucing. Kucing muda matanya lebih jernih dan cerah, sedangkan kucing tua matanya keruh karena penuaan atau munculnya katarak.
 
Selain itu kamu juga bisa memeriksa bagian iris dari mata kucing. Iris adalah bagian mata kucing yang berwarna dan mengelilingi pupil. Kucing muda memiliki iris yang lebih bersih dan halus, sedangkan seiring pertambahan usia, iri mata kucing akan lebih tipis dan beberapa urat dan petak pigmen akan mulai terlihat.
 
 
(WAN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif