Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani

Jelang UTBK-SBMPTN, Ini Barang yang Wajib Dibawa

Pendidikan UTBK 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022 SBMPTN 2022 UTBK-SBMPTN 2022
Medcom • 13 Mei 2022 13:11
Jakarta: Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) Gelombang I bakal digelar pada 17-23 Mei 2022. Sudah sejauh mana persiapan Sobat Medcom?
 
Selain fokus mempelajari materi ujian, ada beberapa hal lain yang mesti diperhatikan. Salah satunya, barang-barang yang wajib dibawa saat tes berlangsung.
 
Dikutip dari Instagram @pahamify, setidaknya ada delapan barang bawaan wajib untuk UTBK-SBMPTN, baik berupa berkas maupun alat protokol kesehatan. Barang esensial yang utama, tentunya dokumen wajib sebagaimana yang ditetapkan LTMPT.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, kartu peserta UTBK-SBMPTN 2022. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya buat salinan dari kartu tersebut dan dilaminating agar tak rusak.
 
Kedua, identitas diri. Bawalah identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar untuk menunjukkan bahwa Sobat Medcom benar-benar peserta UTBK.
 
Ketiga, surat keterangan lulus (SKL). Untuk lulusan 2022, bisa membawa SKL sebagai pengganti ijazah. Sedangkan lulusan 2020 dan 2021, siapkan salinan ijazah yang sudah dilegalisir.
 
Meski ujian dilaksanakan menggunakan komputer, Sobat Medcom juga perlu membawa alat tulis. Sejumlah pusat UTBK bahkan mewajibkan peserta membawa alat tulis, seperti pensil, pulpen, dan penghapus untuk coret-coret hitungan.
 
Karena pelaksanaan ujian masih dibayang-bayangi pandemi covid-19, peserta diwajibkan memakai masker selama berada di pusat UTBK. Untuk itu, jangan lupa membawa masker medis, bukan berbahan kain.
 
Sejumlah pusat UTBK juga ada yang mensyaratkan tes covid-19 sebelum ujian. Jika tempat ujian Sobat Medcom mengharuskan hal tersebut, siapkan hasil tes covid-19 yang dinyatakan negatif.
 
Terakhir, bawa hand sanitizer. Sebagai bagian dari protokol kesehatan, usahakan membawa hand sanitizer sendiri dan hindari meminta milik peserta lain. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Hindari Kehabisan Waktu Saat Mengerjakan UTBK-SBMPTN dengan Blocking Time, Apa Itu?
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif