Pihak sekolah menyebut ketiganya tak naik kelas karena tak pernah mengikuti pelajaran agama, namun orang tuanya enggan memberi keterangan tertulis. Metro TV
Pihak sekolah menyebut ketiganya tak naik kelas karena tak pernah mengikuti pelajaran agama, namun orang tuanya enggan memberi keterangan tertulis. Metro TV

Newsline

Kemendikbud dan KPAI Kunjungi SDN 051 Tarakan, Konfirmasi Siswa 3 Kali Tinggal Kelas

Pendidikan kpai Sekolah Pendidikan Agama Kemendikbudristek Newsline
MetroTV • 25 November 2021 18:49
Tarakan: Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengunjungi SD Negeri 051 di Kota Tarakan. Tim gabungan berusaha mengonfirmasi fakta anak yang tidak naik kelas selama 3 tahun lantaran aliran agama yang dianut.
 
Pihak sekolah membantah tidak mengizinkan siswa tidak naik kelas lantaran aliran agama yang dianut. Pihak sekolah mengatakan ketiga siswa tidak pernah mengikuti pelajaran agama sehingga nilai agamanya kosong. Sementara itu, orang tua tidak bersedia memberikan keterangan.
 
“Mereka tidak naik, karena tidak mau mengikuti pelajaran agama kristen sehingga nilainya kosong. Kalau mereka tidak ikut dan saya meberikan nilai, saya berdosa dong,” kata guru agama SDN 051 Tarakan, Debora, dalam tayangan Newsline di Metro TV, Kamis, 25 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketiga kakak beradik tersebut berinisial M, 14, kelas 5 SD; Y, 13, kelas 4 SD; YT, 11, kelas 2 SD. Mereka tidak naik kelas pada tahun ajaran 2018/2019, 2019/2020, dan 2020/2021. Orang tua ketiganya mengadu ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).
 
"Orang tua korban membuat pengaduan ke KPAI dan atas pengaduan tersebut, KPAI segera melakukan koordinasi dengan Itjen Kemendikbudristek untuk pemantauan bersama ke Tarakan," ungkap KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam keterangan tertulis, Selasa, 23 November 2021. (Imanuel Rymaldi Matatula)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif