Ilustrasi. Foto: Branda Antaranews.
Ilustrasi. Foto: Branda Antaranews.

Ambon Berencana Buka PTM Jenjang SD Mulai Februari

Pendidikan Pendidikan Dasar Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka PTM Terbatas
Antara • 25 Januari 2022 14:52
Ambon: Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, Provinsi Maluku mendorong pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di jenjang sekolah dasar (SD) setempat. Targetnya, PTM dibuka pada Februari.
 
"Jenjang SD kita dorong jika memungkinkan di bulan Februari bisa dimulai PTM bagi sekolah yang memenuhi syarat yang ditetapkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinand Tasso di Ambon, Selasa, 25 Januari 2022.
 
Ia mengatakan dalam pelaksanaan PTM sekolah wajib menyiapkan sarana- prasarana, fasilitas ruang belajar, dan standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan PTM. Jumlah murid dan guru yang sudah vaksin covid-19 juga menjadi pertimbangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekolah wajib mengisi syarat yang ditetapkan pada laman Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Setelahnya, melapor ke Disdik untuk mengecek kesiapan.
 
Baca: Pakar UGM: PTM 100% Harus Dibareng 3T Secara Acak dan Rutin
 
"Jika sudah siap akan diberikan rekomendasi PTM, tetapi jika belum memenuhi syarat, ventilasi tidak bagus, tidak ada tempat cuci tangan maka belum bisa, termasuk jika belum divaksin," ujarnya.
 
Ia mengatakan sejauh ini belum ada sekolah yang melapor atas kesiapan PTM terbatas. Sebab, sekarang masih proses vaksinasi.
 
Ia menyebut kendati PTM dibuka, kesehatan tetap menjadi prioritas pertama. Sekolah pun wajib memenuhi syarat lain bagi pelaksanaan PTM terbatas. Ia menambahkan pelaksanaan PTM prinsipnya bukan paksaan tetapi memberikan ruang bagi pihak sekolah untuk menyampaikan ke orang tua.
 
Jika ada orang tua yang belum mengizinkan anaknya untuk PTM, kata dia, maka tetap akan diberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). "Selain itu siswa yang belum divaksin juga tidak dipaksakan, melainkan dikembalikan ke orang tua terkait proses pembelajaran," ungkapnya.
 
"Tahap pertama, sebanyak 12 SMP menerapkan PTM, dilanjutkan 14 SMP dan sejumlah SMA di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi Maluku," ujarnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif