Ilustrasi tulis. Pexel.
Ilustrasi tulis. Pexel.

Mau Berangkat KKN? Catat Tips Pembuatan Laporannya

Medcom • 13 September 2022 16:36
Jakarta: Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dari perguruan tinggi secara berkelompok dengan pendekatan lintas keilmuan di waktu dan lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pihak universitas.
 
Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan mahasiswa akan bertempat tinggal di rumah warga maupun lokasi lain di sekitar desa. Pada awal pelaksanaan, mahasiswa merancang proposal berisi program-program kerja yang sesuai dengan kebutuhan desa. Setelah itu, dikonsultasikan dengan perangkat desa setempat dan warga, hingga akhirnya dieksekusi.
 
Setelah kegiatan KKN selesai, mahasiswa diharuskan membuat laporan hasil pelaksanaan program kerja selama satu sampai dua bulan di lokasi KKN. Agar lebih mudah dalam mengerjakan laporan, simak tips-tips berikut ini:

1. Kerja sama

Program kerja KKN dilakukan secara teamwork, jadi laporan KKN juga harus dibuat teamwork. Memang ada beberapa kampus yang meminta laporan KKN individu, tetapi sobat Medcom tetap bisa berdiskusi dengan teman-teman satu tim untuk mengisinya.

2. Lihat contoh

Carilah contoh laporan KKN sesuai dengan template kampus. Contoh laporan KKN dari kakak kelas, alumni, atau kloter KKN sebelumnya dapat digunakan sebagai acuan tata cara pembuatan laporan yang benar.

3. Konsultasi dengan kating/alumni

Kating dan alumni adalah orang yang berpengalaman membuat laporan KKN. Berdiskusi dan bertanya soal kebingunganmu tentang pembuatan laporan KKN tidak ada salahnya lho, sobat Medcom.

4. Format fisik wajib sesuai ketentuan

Pembuatan laporan formal biasanya sangat ketat soal format. Pastikan laporan KKN sobat Medcom dibuat sesuai format yang diberikan kampus. Jangan lupa memasukkan foto-foto atau video sebagai bukti terlaksananya kegiatan KKN.

5. Jujur dalam menyusun laporan KKN

Buatlah laporan KKN sejujur mungkin, karena dosen pembimbing dapat menemukan kejanggalan sekecil apa pun. Jika terjadi masalah selama pelaksanaan KKN, curahkan saja dalam laporan.

6. Perhatikan Deadline

Pengumpulan laporan KKN memiliki tenggat waktu yang biasanya tidak jauh dari berakhirnya waktu pelaksanaan KKN. Perhatikan setiap tanggal dalam pengumuman KKN dengan cermat agar tidak terlambat mengumpulkan apapun.

Format umum laporan KKN:

Perlu diingat setiap kampus memiliki format dan kebijakan berbeda tentang penulisan laporan KKN. Tapi umumnya laporan KKN memiliki urutan seperti ini:

1. HALAMAN JUDUL
2. HALAMAN PENGESAHAN
3. KATA PENGANTAR
4. DAFTAR ISI
5. PROGRAM KELOMPOK
6. BAB I:

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tinjauan Pustaka

7. BAB II:

  1. Lokasi Kegiatan
  2. Bidang Kegiatan
  3. Objek Kegiatan
  4. Jenis dan Waktu Kegiatan

8. BAB III:

  1. Pelaksanaan Program Kerja
  2. Capaian Kinerja
  3. Hambatan Program Kerja
  4. Solusi dari Hambatan

9. BAB IV:

  1. Kesimpulan
  2. Saran

10. DAFTAR PUSTAKA

  1. Sumber literatur penguat argumen
Itulah hal-hal yang perlu sobat Medcom ketahui tentang laporan KKN dan tips-tips mengerjakannya. Semoga sobat Medcom terbantu dan semakin siap untuk menjalani KKN ya! (Annisa Ambarwaty)
 
Baca juga: Mahasiswa IPB Ajarkan Petani Kandangtepus Bikin Parfum dari Kopi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif