Rektor IPB Arif Satria. DOK Kemendikbudristek
Rektor IPB Arif Satria. DOK Kemendikbudristek

Dana Abadi Pendidikan Akan Tingkatkan 3 Sektor Reputasi Kampus

Ilham Pratama Putra • 27 Juni 2022 16:53
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan kebijakan Dana Abadi Perguruan Tinggi. Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria mengapresiasi kebijakan tersebut.
 
Dia mengungkapkan percepatan transformasi perguruan tinggi di Indonesia diperkuat dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, salah satunya dana abadi perguruan tinggi. Arif menilai peningkatan reputasi perguruan tinggi di kancah global akan memberi banyak manfaat bagi ragam kegiatan akademik, riset, inovasi, dan pengabdian pada masyarakat perguruan tinggi. 
 
Bahkan, dia menyebut kebijakan tersebut akan menunjang reputasi perguruan tinggi setidaknya pada tiga hal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami juga yakin bahwa Dana Abadi ini akan mendukung tiga program unggulan dan mendukung peningkatan reputasi kita, yaitu academics and employee reputation, research and publication, and internalisation," kata Arif dalam peluncuran Merdeka Belajar 21: Dana Abadi Perguruan Tinggi, Senin, 27 Juni 2022.
 
Sementara itu, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Reini Wirahadikusumah, menyampaikan Dana Abadi Pendidikan Tinggi dapat mendorong kinerja perguruan tinggi negeri. Dia mengajak sivitas akademika bersama-sama mendorong kinerja pada pencapaian rencana strategis ITB dan fokus pada pembenahan jangka panjang sebagai wujud amanah menjalankan perguruan tinggi berkualitas, terjangkau, dan akuntabel. 
 
Senada dengan itu, Rektor Universitas Airlangga (Unair), Mohammad Nasih, mengakui secara internal, perguruan-perguruan tinggi memiliki harapan dan tujuan ke arah menjadi bagian dari perguruan tinggi berkelas dunia. “Dengan adanya dukungan pemerintah tersebut, perguruan tinggi harus menata tata kelola (governance) internal dan terus mempersiapkan sarana prasarana yang tentunya mesti berstandar internasional,” jelas Nasih.
 
Nasih menyebut Unair menyambut baik kebijakan ini untuk pengembangan kampus ke arah world class university (WCU). “Saya percaya, kebijakan ini akan menjadi stimulus yang makin mendorong perguruan tinggi lebih semangat lagi dan lebih berkomitmen tinggi menjadi bagian dari world class university,” tutur Nasih. 
 
Baca juga: Menkeu Dorong Dana Abadi Pendidikan Dimaksimalkan untuk Kolaborasi dan Inovasi

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif