Ilustrasi. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
Ilustrasi. Foto: MI/Saskia Anindya Putri

Anak Muda Harus Memiliki Kecerdasan Sejarah

Pendidikan aksi mahasiswa sejarah generasi milenial
Achmad Zulfikar Fazli • 14 September 2020 22:34
Jakarta: Gerakan mahasiswa dinilai butuh imajinasi baru. Mahasiswa jangan sampai terjebak nostalgia masa lalu dan harus menyongsong masa depan yang cerah.
 
Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia, Budiman Sudjatmiko, mengatakan mahasiswa bisa terjebak nostalgia cerita masa lalu karena ketidakpuasan dan kegelisahan masa kini.
 
"Anak muda selalu tidak puas dengan masa kini. Ada yang mengajak 'yuk kembali ke zaman orde baru, yuk kembali ke zaman kekhilafahan'. Ada yang ingin kembali ke 20-100 tahun ke belakang. Anak muda harus songsong mas depan," kata Budiman dalam webinar 'Mendambakan Gerakan Baru' dalam Pekan Raya Nasional Mahasiswa yang digelar ID Next Leader, Senin, 14 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budiman mengingatkan mahasiswa agar tak salah memahami sejarah. Mahasiswa hanya bisa memilih kembali ke masa lalu atau menyongsong masa depan. Dia pun mengajak mahasiswa berpikir untuk masa depan.
 
"Anak muda harus punya kecerdasan sejarah supaya tak ada di sisi salah sejarah," kata dia.
 
Budiman menjelaskan konsep Trisakti ABC yang merujuk pada Trisakti Bung Karno. Konsep Trisakti ABC mencakup tiga ide penting yang terdiri atas 3A (alami, asasi, abadi), 3B (berdana, berdata, berdaya), dan 3C (cinta, cita, cipta).

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif