Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah. Foto: Dok. ITB
Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah. Foto: Dok. ITB

Rektor Targetkan ITB Masuk 200 Besar Dunia di 2025

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Kampus Merdeka
Ilham Pratama Putra • 10 September 2020 18:19
Jakarta: Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Reini Wirahadikusumah menargetkan ITB bisa masuk peringkat 200 terbaik dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) di tahun 2025. Menurutnya, target tersebut tidak mustahil dicapai jika ITB menerapkan program Kampus Merdeka dengan baik.
 
"Rencana induk pengembangan itu ditargetkan pada 2025 ITB perlu masuk pada ranking 200 QS, sangat tinggi cita-cita yang baik ini. Untuk itu di antaranya yang digunakan adalah Kampus Merdeka," kata Reini dalam Penyambutan Mahasiswa Baru ITB Tahun Ajaran 2020/2021 yang digelar secara virtual, Kamis, 10 September 2020.
 
Reini berkomitmen bakal menjalankan esensi program Kampus Merdeka. Salah satunya ialah pembelajaran di luar kampus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selanjutnya dosen-dosen terlibat di industri, dunia usaha, pembelajaran di kampus lain, kampus kampus ternama, dan juga penyelenggaraan program studi ini harus meningkatkan kemitraan dengan pihak-pihak luar. Keterlibatan kalangan praktisi profesional untuk pembelajaran di kampus, serta kita harus lebih banyak pembelajaran problem based atau team based," terang Reini.
 
Baca juga:Sembilan Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi THE 2021
 
Dia juga menyadari, ITB memiliki peranan penting dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Untuk itu berbagai capaian harus ditingkatkan oleh ITB.
 
Reini menyebut, kinerja perguruan tinggi harus lebih diperketat. Segala indikator yang mempengaruhi pemeringkatan dunia itu harus dikawal dalam program yang bakal dijalankan ITB.
 
"Kita perlu meningkatkan porsi mahasiswa internasional, meningkatkan keterlibatan mancanegara, dan serta peningkatan jumlah publikasi ilmiah dari para dosen. Jadi inovasi pencapaian ketiga hal tersebut tentu saja bukanlah hal mudah. Tapi kalau kita ingin mencapainya, kita harus berbuat sesuatu," paparnya.
 
Baca juga:UGM Geser UI, Ini Daftar 8 Kampus Indonesia di Ranking Dunia
 
Sebelumnya, lembaga pemeringkatan universitas di dunia, Quacquarelli Symonds (QS), 10 Juni 2020 lalu merilis hasil pemeringkatan QS World University Ranking 2021. Delapan perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk pemeringkatan bergengsi dunia tersebut.
 
Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam mengatakan, secara umum peringkat perguruan tinggi Indonesia naik berdasarkan QS World University Ranking 2021. Nizam menyebutkan, beberapa perguruan tinggi melakukan lompatan yang cukup signifikan dalam pemeringkatan tahun ini.
 
Salah satunya Institut Teknologi Bandung (ITB), naik dari posisi 331 tahun lalu menjadi 313 di 2020.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif