Ilustrasi matahari. Medcom.id
Ilustrasi matahari. Medcom.id

Mengenal Lapisan Matahari dan Manfaatnya

Medcom • 01 September 2022 18:46
Jakarta: Matahari adalah pusat tata surya yang merupakan poros dari planet-planet yang mengelilinginya. Matahari merupakan satu-satunya sumber cahaya alami yang menerangi bumi yang ternyata juga merupakan bintang terbesar dan terdekat dengan bumi. Jaraknya 150 juta kilometer.
 
Matahari berbentuk bola gas bercahaya yang sangat besar. Alasan matahari bisa bersinar karena reaksi fusi di inti matahari, di mana matahari terdiri dari gas hidrogen yang bereaksi satu sama lain untuk melepaskan energi cahaya dan panas.
 
Matahari memiliki suhu rata-rata 5.500ºC. Namun, setiap lapisan matahari memiliki suhu yang berbeda-beda. Empat lapisan matahari berurutan dari lapisan terdalam adalah inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Dikutip dari laman Ruangguru berikut penjelasannya:

Lapisan Inti Matahari

Lapisan inti matahari merupakan lapisan paling dalam matahari. Lapisan ini memiliki suhu 15 juta ºC dan menjadi pusat reaksi matahari yang menghasilkan energi yang sangat besar.

Fotosfer

Fotosfer adalah bagian permukaan matahari atau lapisan yang melapisi bagian inti matahari. Lapisan fotosfer memiliki suhu 6.000 ºC dengan ketebalan sekitar 350 km. Lapisan fotosfer inilah yang memancarkan cahaya yang paling kuat, maka dari itu disebut juga sebagai lapisan cahaya.

Kromosfer

Lapisan berikutnya adalah kromosfer. Lapisan kromosfer adalah atmosfer matahari atau lapisan gas bagian luar yang menyelimuti matahari. Lapisan kromosfer mengandung partikel-partikel, seperti proton, elektron, dan neutron yang memiliki suhu 6.000 - 20.000 ºC. Lapisan ini lebih tebal dibandingkan dengan fotosfer, yakni dengan ketebalan 2.000 km.

Korona

Korona adalah lapisan paling luar matahari atau atmosfer matahari bagian luar. Korona merupakan lapisan berupa gas, meskipun gas yang dimiliki sangat tipis dan sering berubah-ubah. Lapisan ini memiliki suhu lebih tinggi dari lapisan kromosfer, yakni 1 juta ºC. Lapisan korona juga merupakan lapisan paling tebal di antara lapisan lainnya, yaitu dengan ketebalan sekitar 700.000 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Matahari memiliki diameter 1,4 juta km, yaitu sekitar 109 kali diameter Bumi. Dengan ukuran sebesar itu, matahari juga memiliki tarikan gravitasi paling besar. Kehangatan yang dipancarkan matahari memiliki beragam fungsi untuk kehidupan makhluk di sistem tata surya, termasuk makhluk bumi. Fungsi sinar matahari bagi manusia antara lain:

Membantu proses pengeringan

Manusia seringkali menggunakan sinar matahari untuk proses pengeringan bahan makanan maupun pakaian. Contoh bahan makanan yang memanfaatkan sinar matahari dalam proses pengeringannya, adalah padi, biji-bijian, ikan, dan hewan laut lainnya.

Membantu pelaksanaan fotosintesis pada tumbuhan

Fotosintesis adalah kegiatan vegetatif tumbuhan. Selain itu, fotosintesis juga bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya karena menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk bernapas. Tanpa adanya sinar matahari, proses fotosintesis tidak akan terjadi, dan oksigen tidak akan diproduksi.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Listrik sangat penting bagi keberlangsungan kegiatan manusia. Sinar matahari dan tenaganya yang besar dapat digunakan sebagai sumber listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Memiliki Vitamin D yang menyehatkan badan

Seringkali anak-anak dijemur di bawah sinar matahari pagi. Tak jarang pula ditemui imbauan bagi pasien covid-19 untuk berjemur di bawah sinar matahari. Ini karena sinar matahari pagi mengandung Vitamin D yang bagus bagi kesehatan tulang dan gigi serta baik untuk kesehatan tubuh.
 
Itulah penjelasan tentang lapisan-lapisan matahari dan manfaat dari sinar matahari bagi kehidupan di tata surya, terutama kehidupan makhluk di bumi. Semoga bermanfaat dalam memperkaya wawasan sobat Medcom tentang bintang terbesar di tata surya ini ya. (Annisa Ambarwaty)
 
Baca juga: Flora dan Fauna di Indonesia Beragam, Ini 4 Faktor yang Memengaruhi Persebarannya

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif