Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Aplikasi Selancar PAK Tutup Peluang Plagiarisme di Kenaikan Pangkat Dosen

Ilham Pratama Putra • 05 Maret 2021 12:06
Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan aplikasi Sistem Pelacakan Secara Mandiri Penilaian Angka Kredit (Selancar PAK) Dosen. Aplikasi ini turut memberikan informasi terkait proses pengusulan hingga kenaikan pangkat dosen.
 
Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Nizam mengatakan aplikasi tersebut turut memiliki peran untuk mengawasi tindakan duplikasi atau plagiarisme. Lewat aplikasi tersebut, karya dosen yang akan naik pangkat akan lebih mudah terpantau.
 
"Karya dosen itu satu persatu akan dicek plagiarismenya," kata Nizam dalam Peluncuran Layanan Dikti Kemendikbud yang digelar daring, Jumat 5 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tingkat kesamaan atau similarity dari satu karya akan terpantau dengan jelas. Antarpublikasi satu dengan yang lainnya akan terdata secara internasional.
 
Baca juga:  Dosen Keluhkan Informasi Kenaikan Pangkat, Kemendikbud Luncurkan 'Selancar'
 
Selain Selancar PAK, Nizam juga menyampaikan terdapat beberapa aplikasi lain yang memantau karya para dosen. Salah satunya aplikasi Sinta yang dikelola Kementerian Riset dan Tekonologi/ Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/ BRIN).
 
"Ini bagian dari mengurangi dan menekan plagiat dalam karya para dosen," sambungnya.
 
Lebih lanjut, saat ini pihaknya tengah mengkaji ulang tentang peraturan plagiasi. Agar masyarakat dan sivitas akademika mengerti bagian-bagian plagiasi dan mana yang termasuk golongan plagiasi.
 
"Ini juga agar tidak terjadi kerancuan di masyarakat," pungkasnya.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif