Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto

Cegah Kepadatan saat Arus Balik Lebaran, Libur Sekolah Diperpanjang

Pendidikan Mudik Lebaran DKI Jakarta Libur sekolah banten Kemendikbudristek Jawa Barat Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Mudik 2022
Sri Yanti Nainggolan • 06 Mei 2022 12:15
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperpanjang libur sekolah pascahari raya Idulfitri 2022. Keputusan ini berlaku untuk tiga provinsi. 
 
"Kemendikbudristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan pemerintah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," ujar pelaksana tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto, Kamis 5 Mei 2022.
 
Perpanjangan libur sekolah ini terkait potensi arus balik lebaran yang meningkat jelang berakhirnya cuti bersama pada 8 Mei 2022. Keputusan tersebut diambil setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
 
"Kemendikbudristek menanggapi positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," kata Anang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Libur Anak Sekolah di Jakarta, Jabar, dan Banten Ditambah 3 Hari, Masuk Lagi 12 Mei

Keputusan libur sekolah diperpanjang bergantung pemda

Meski begitu, keputusan penambahan libur tersebut akan diserahkan ke pemerintah daerah (pemda). Adanya fleksibilitas penambahan libur ini segera disosialisasikan.
 
"Pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupeten/kota di wilayah masing-masing. Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," tutur Anang. 
 
Baca: Urai Arus Balik Lebaran 2022, Jabar Tunda Jadwal Masuk Sekolah
 

Jabar tunda jadwal masuk sekolah jadi 12 Mei 2022

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, memutuskan memperpanjang libur Lebaran bagi pelajar selama tiga hari untuk mengurai arus balik Lebaran 2022. Uu mengatakan para pelajar SMA, SMK, dan SLB di Jabar baru mulai masuk sekolah pada 12 Mei 2022.
 
"Pemda Jabar mengeluarkan kebijakan, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi kemacetan. Pak Gubernur memberikan kebijakan masuk sekolah pada Kamis (12 Mei 2022)," kata Uu di Kota Bandung, Kamis, 5 Mei 2022.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif