Ilustrasi unpad. DOK Unpad
Ilustrasi unpad. DOK Unpad

Siap Gelar UTBK-SBMPTN, 11.312 Peserta Bakal Ikut Tes di Unpad

Pendidikan Unpad UTBK 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022 SBMPTN 2022 UTBK-SBMPTN 2022
Renatha Swasty • 26 April 2022 09:31
Jakarta: Universitas Padjadjaran (Unpad) siap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022. Tes digelar pada 17-23 Mei 2022 (Gelombang I) dan 28 Mei-3 Juni 2022 (Gelombang II).
 
“Alhamdulillah, kami lebih dari 90 persen siap,” kata Koordinator Pelaksana UTBK Unpad Inu Isnaeni Sidiq dikutip dari laman unpad.ac.id, Selasa, 26 April 2022.
 
Sebanyak 11.312 peserta telah mendaftar mengikuti UTBK-SBMPTN di Pusat UTBK Unpad. Dalam satu hari, UTBK akan diikuti 1.235 peserta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total, ada 19 sesi ujian yang diselenggarakan untuk gelombang I dan II. Peserta berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat.
 
Inu mengatakan pada gelombang pertama pihaknya menyediakan 26 laboratorium komputer di Fkep, FK, FKG, FEB, FMIPA, Farmasi, dan Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS). Sementara itu, untuk gelombang kedua menggunakan 12 laboratorium komputer di PPBS dan FEB. Tahun ini, lokasi ujian di Pusat UTBK Unpad seluruhnya di kampus Jatinangor.
 
“Tahun ini, kapasitas laboratorium kita makin bertambah sehingga kita bisa melaksankan ujian tanpa mitra,” kata Inu.
 
Unpad tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengingat pelaksanaan UTBK masih dalam situasi pandemi covid-19. Peserta wajib melakukan vaksinasi dosis lengkap dan menginstal aplikasi PeduliLindungi untuk mengecek kondisi kesehatan peserta sekaligus untuk bisa masuk ke ruangan ujian.
 
“Kita akan siapkan QR Code PeduliLindungi di setiap pintu gedung, peserta wajib scan dulu baru bisa masuk ruangan (ujian),” kata Inu.
 
Peserta yang belum melaksanakan vaksinasi dosis lengkap tetap diperbolehkan mengikuti ujian dengan melampirkan hasil tes antigen maksimal satu hari sebelum ujian dilaksanakan atau hasil PCR maksimal 2×24 jam sebelum pelaksanaan ujian. Inu juga mengimbau peserta melaksanakan tes antigen atau PCR di lokasi resmi agar data hasil tes dapat langsung ter-input di aplikasi PeduliLindungi.
 
“Yang sudah lakukan vaksinasi lengkap tidak perlu tes antigen/PCR, cukup aplikasi PeduliLindungi,” tutur dia.
 
Inu juga meminta kondisi kesehatan peserta harus dipastikan sehat. Unpad telah menyediakan tim kesehatan yang siap menangani peserta yang kemungkinan dalam kondisi tidak sehat.
 
Tim akan melakukan tes antigen dan memberikan rekomendasi untuk lanjut ujian atau tidak bila peserta terindikasi tidak sehat dan bersuhu tinggi. Panitia Unpad akan melaporkan langsung ke LTMPT untuk mengikuti ujian sesi pengganti khusus bila peserta tidak bisa mengikuti ujian karena terindikasi positif covid-19.
 
Selain itu, Unpad juga menyediakan ruangan ujian yang khusus disiapkan untuk peserta yang terindikasi mengalami gejala covid-19.
 
Inu mengingatkan peserta UTBK-SBMPTN membaca dan mematuhi tata tertib mengikuti ujian sesuai yang ditetapkan LTMPT. Peserta diminta tak lupa membawa dokumen wajib yang diperlukan, seperti ijazah, pengganti ijazah, dan kartu peserta.
 
Peserta juga diwajibkan menggunakan pakaian sesuai tata tertib. Peserta diwajibkan mengenakan pakaian berkerah, celana panjang, dan sepatu.
 
“Berikutnya, jaga kesehatan, supaya nanti saat hari H bisa melaksanakan ujian. Peserta juga wajib menginstal PeduliLindungi,” kata Inu.
 
Baca: 13.826 Peserta Bakal Ikut UTBK-SBMPTN 2022 di Universitas Jember
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif