Kampus UB. Foto: Dok. UB
Kampus UB. Foto: Dok. UB

Pemilihan Rektor UB

Widodo Terpilih Secara Musyawarah Mufakat, Rektor UB: Patut Dicontoh Kampus Lain

Daviq Umar Al Faruq • 22 Mei 2022 09:09
Malang: Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. terpilih sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027. Ia terpilih secar musyawarah mufakat pada sidang pleno tertutup Majelis Wali Amanat (MWA) di Gedung Rektorat UB, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu 21 Mei 2022.
 
"Ingat Prof Widodo, ini adalah amanah dari seluruh warga Universitas Brawijaya, bahkan amanah dari Menteri. Saya berharap kekompakan UB tetap dijaga," kata Rektor UB, Nuhfil Hanani, Sabtu 21 Mei 2022.
 
Nuhfil menerangkan, pemilihan rektor (pilrek) UB kali ini melalui proses yang luar biasa. Lewat pilrek ini, UB disebut menunjukkan kekompakan sehingga terjadi musyawarah mufakat atau tanpa voting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bayangkan pilihan itu dari 17 orang (MWA) itu bisa mufakat itu kan sudah suatu hal yang luar biasa. Terima kasih Pak Ketua MWA yang hebat memimpin sehingga bisa terjadi musyawarah. Selamat kepada Prof, Widodo, juga kepada Prof. Unti dan Prof. Imam. Ini pemilihan yang luar biasa," jelasnya.
 
Nuhfil juga meminta kepada calon rektor lainnya yakni Prof. Dr. Ir. Imam Santoso MP., dan Prof. Dr. Unti Ludigdo SE. MSi. Ak., untuk tidak berkecil hati. Sebab, kalah menang dalam proses demokrasi di kampus menurutnya merupakan hal yang biasa.
 
"Saya juga pernah kalah. Jadi biasa saja begitu. Tapi berikutnya saya malah jadi rektor. Tidak masalah. Urusan dunia ini kan tidak ada sesuatu yang dibuat kebanggaan-kebanggaan," ujarnya.
 
Sementara itu, calon rektor UB, Unti Ludigdo, mengatakan, pilrek UB kali ini merupakan suatu proses yang luar biasa. Ia mengaku sistem musyawarah mufakat pada pilrek bisa dicontoh oleh kampus lainnya.
 
"Pemilihan dilakukan dengan musyawarah mufakat, mungkin akan menjadi model juga di perguruan tinggi yang lain. Saya kira ini sesuatu yang baik dan menghasilkan pemimpin yang terbaik. Kita sudah sama-sama berusaha yang terbaik, menampilkan yang terbaik dan yang terpilih adalah yang terbaik. InsyaAllah Brawijaya akan semakin jaya," katanya.
 
Calon rektor UB lainnya, Imam Santoso, mengatakan, pilrek UB kali ini telah melewati sejumlah proses yang cukup panjang. Para calon rektor diakuinya berkompetisi secara fair dan berusaha menyajikan yang terbaik.
 
"Tapi kita yakin sepenuhnya bahwa Allah menakdirkan dan itu yang terbaik bagi kami Universitas Brawijaya. Prof. Widodo InsyaAllah akan memimpin UB ke depan makin maju. Dan kami, saya kira para warga sivitas akademika menerima dengan ikhlas dan mudah-mudahan kita semua bisa berkolaborasi untuk membangun UB yang makin baik lagi," katanya.
 
Sebelumnya, Majelis Wali Amanat (MWA) resmi menetapkan Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027. Keputusan itu diambil setelah sidang pleno yang diselenggarakan secara tertutup di Gedung Rektorat UB, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu 21 Mei 2022.
 
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Muhadjir Effendy, mengatakan, proses akhir pemilihan rektor (pilrek) UB melalui sidang pleno tertutup menggunakan sistem musyawarah mufakat. Sidang pleno kali ini diikuti oleh seluruh anggota MAW sebanyak 17 orang.
 
Baca juga:  Sah! Widodo Terpilih Jadi Rektor UB Periode 2022-2027
 
"Hasil mufakatnya, anggota menetapkan atau memilih dari tiga calon yaitu telah menetapkan Bapak Profesor Widodo sebagai Rektor Universitas Brawijaya periode 2022-2027," katanya usai sidang.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif