Pemilihan rektor UB 2022-2027. Foto: Dok UB
Pemilihan rektor UB 2022-2027. Foto: Dok UB

Sah! Widodo Terpilih Jadi Rektor UB Periode 2022-2027

Daviq Umar Al Faruq • 22 Mei 2022 00:52
Malang: Majelis Wali Amanat (MWA) resmi menetapkan Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. sebagai Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027. Keputusan itu diambil setelah sidang pleno yang diselenggarakan secara tertutup di Gedung Rektorat UB, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu 21 Mei 2022.
 
Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UB, Muhadjir Effendy, mengatakan, proses akhir pemilihan rektor (pilrek) UB melalui sidang pleno tertutup menggunakan sistem musyawarah mufakat. Sidang pleno kali ini diikuti oleh seluruh anggota MWA sebanyak 17 orang.
 
"Hasil mufakatnya, anggota menetapkan atau memilih dari tiga calon yaitu telah menetapkan Bapak Profesor Widodo sebagai Rektor Universitas Brawijaya periode 2022-2027," katanya usai sidang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Muhadjir menjelaskan, pilrek UB telah disepakati untuk dipilih secara musyawarah mufakat. Ia menegaskan seluruh anggota MWA memiliki suara bulat dalam menentukan rektor UB yang baru.
 
"Intinya semuanya bulat termasuk mendengarkan atau memberikan masukan dari semua anggota. Sudah didengarkan semua saran dan masukan termasuk dari Kemenristekdikti dalam hal ini Bapak Menteri (Nadiem Makarim) memandatkan pada Plt Sekeretaris Dirjen Dikti," ujarnya.
 
Sementara itu, Rektor UB terpilih, Widodo, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MWA serta panitia pilrek UB periode 2022-2027. Menurutnya, proses transparansi pilrek UB pada semua kegiatan telah dilakukan dengan baik.
 
"Saya juga ucapkan terima kasih kepada Prof. Unti dan Prof. Imam yang sejak awal juga sudah bekerja sama dengan sangat baik dengan kami," katanya.
 
Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas MIPA UB tersebut juga berharap kepada seluruh sivitas akademika Universitas Brawijaya agar ke depan bisa saling bekerja sama. Sehingga, Universitas Brawijaya dapat menjadi lebih baik.
 
"Dan tentunya kita teruskan program-program yang sekarang sudah dirintis oleh Pak Rektor sekarang (Nuhfil Hanani) dan Alhamdulillah kita sudah mengikuti program-program yang sudah ditetapkan oleh MWA," ujarnya.
 
Sebagai informasi, Universitas Brawijaya (UB) di kota Malang, Jawa Timur, menyelenggarakan Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2022-2027. Pendaftaran bakal calon rektor dibuka mulai Rabu, 30 Maret dan ditutup pada Selasa, 5 April 2022.
 
Pemilihan rektor kali ini merupakan kali pertama setelah UB dinobatkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) pada akhir Desember 2021 lalu.
 
Pada Pilrek UB kali ini rektor dipilih oleh Majelis Wali Amanat (MWA). Pemilihan oleh MWA dilakukan setelah melalui proses penjaringan di Senat Akademik Universitas (SAU). 
 
Baca juga:  Hari ini, Universitas Brawijaya Gelar Pemilihan Rektor 2022-2027
 
SAU telah menetapkan tiga calon rektor UB setelah voting atau pemungutan suara yang dilakukan di Gedung Samantha Krida, UB, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis 24 April 2022 lalu. Ketiga calon rektor itu masing-masing Prof. Dr. Ir. Imam Santoso MP., Prof. Dr. Unti Ludigdo SE MSi. Ak. dan Prof. Widodo SSi. MSi. PhD. MedSc. 

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif