Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Apa Itu LoA Unconditional untuk Lamar Beasiswa? Simak Penjelasannya di Sini

Pendidikan Beasiswa lpdp Beasiswa LPDP
Medcom • 12 Mei 2022 12:38
Jakarta: Sejumlah program beasiswa seringkali menjadikan Letter of Acceptance (LoA) sebagai salah satu persyaratan. Namun, tahukah Sobat Medcom, sebenarnya apa itu LoA?
 
“Letter of Acceptance (LoA) merupakan surat yang menyatakan bahwa seseorang telah resmi diterima studi di universitas, bagaimana cara mendapatkannya? Tentu dengan mendaftar langsung ke universitas tujuan,” dikutip dari Instagram @lpdp_ri, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Secara umum, LoA memuat informasi mengenai program studi, awal perkuliahan atau intake, dan lama studi. Selain itu, surat pernyataan ini juga memuat informasi tentang tahap selanjutnya untuk dapat memulai perkuliahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat pernyataan diterima di universitas ini terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu LoA Unconditional dan LoA Conditional. Lantas, apa perbedaan keduanya?
 
LoA Unconditional menyatakan seseorang telah sepenuhnya diterima. Sedangkan, LoA Conditional menyatakan seseorang telah diterima, namun masih harus melengkapi beberapa persyaratan yang belum terpenuhi.
 
Beberapa persyaratan itu bisa berupa belum memenuhi skor kemampuan bahasa, belum mengumpulkan tema penelitian, belum memberikan dokumen syarat pendaftaran ke perguruan tinggi, atau belum mengumpulkan pernyataan sponsorship.
 
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan salah satu program yang tidak mewajibkan LoA sebagai syarat pendaftaran. Peserta bisa mendaftar beasiswa ini tanpa harus memiliki LoA terlebih dahulu.
 
Meski begitu, peserta yang sudah mempunyai LoA juga diperbolehkan mendaftar. Tentunya dengan ketentuan yang berbeda.
 
Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan jika mendaftar menggunakan LoA, salah satunya kesesuain dengan program LPDP. Pastikan LoA tersebut termasuk dalam daftar perguruan tinggi dan program studi yang bermitra dengan LPDP.
 
Selain itu, penyelenggaraan perkuliahan harus sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan LPDP. Jika tidak sesuai, maka peserta wajib mencantumkan Surat Defer/Penundaan Kuliah dari universitas yang menerbitkannya.
 
Bagi yang tertarik mendaftar beasiswa LPDP, pendaftaran tahap kedua akan dibuka mulai 4 Juli 2022. Tak perlu panik, sebab masih tersisa banyak waktu untuk memperoleh LoA Unconditional. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Pendaftar Beasiswa LPDP, Ini Komponen Proposal Penelitian yang Tepat
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif