Kampus IPB. Foto: IPB/Humas
Kampus IPB. Foto: IPB/Humas

Skill Boster, IPB University Fasilitasi Perencanaan Karier Setelah Lulus Kuliah

Pendidikan Pencari Kerja karier Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi IPB
Citra Larasati • 28 April 2022 13:43
Jakarta:  Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Institut Pertanian Bogor (IPB) University menggelar webinar sekaligus pembukaan Skill Booster bagi mahasiswa.  Webinar ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk kehidupan pasca kampus dan mengenalkan mahasiswa kepada mitra atau perusahaan yang menjadi target tujuannya.
 
Skill Booster juga akan membuat kanal yang menghubungkan informasi magang langsung kepada mahasiswa. Skill Booster bakal membuka konseling yang akan membantu mahasiswa dalam menemukan karier yang cocok dan sesuai dengan potensi diri serta membantu dalam proses menemukan jalur karier yang tepat.
 
"Mahasiswa sangat antusias dengan paparan materi yang diberikan narasumber. Terlihat banyak yang ingin berdiskusi dan bertanya di akhir sesi kegiatan," kata Awfa Septyan sebagai Ketua Pelaksana Skill Booster 2022, dalam siaran persnya, Kamis, 28 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Webinar kali ini mengundang Habibul Fuadi Hanif dan Arga Putra Panatagama, alumnus IPB University. Masing-masing narasumber memaparkan materi yang berhubungan dengan perjalanan karier untuk mahasiswa agar mereka tidak salah memilih jalur karier mereka setelah lulus kuliah.
 
“Pada kesempatan ini saya ingin mengedukasi dan sharing ilmu kepada teman-teman bagaimana caranya untuk menempuh karier dengan menjadi versi diri kita sendiri,” ujar Habibul.
 
Ia menyebutkan bahwa jalur dan rencana karier bagi setiap orang itu berbeda dan bergantung kepada seberapa siap merencanakan karier untuk masa depan. Habibul juga menyebutkan bahwa mahasiswa harus jadi diri sendiri ketika ingin mencapai kariernya karena dengan begitu perjuangan yang dilakukan akan lebih berkesan.
 
Sementara, Arga Putra, mengatakan bahwa hal-hal seperti uang, title, tunjangan, dan hal lainnya yang didapatkan di dunia karier merupakan keuntungan sampingan yang bisa didapatkan dari perasaan bahagia ada di dunia karier tersebut.
 
“Tujuan dari kita berkarier itu sebenarnya adalah untuk bahagia. Teman-teman salah jika mengatakan bahwa tujuan karier adalah untuk mendapatkan uang, titel, jabatan, dan lainnya. Padahal, karier lebih dari sekadar hal itu. Hal yang saya sebutkan di atas mungkin itu contoh keuntungan sampingan yang teman-teman akan dapatkan ketika memiliki karier yang membuat teman-teman bahagia,” kata Arga.
 
Melalui Skill Booster ini, Arga berharap bisa memenuhi kebutuhan mahasiswa IPB University sesuai dengan keresahan yang dialaminya mengenai karier. "Selain itu, dari Skill Booster ini juga menjadi jembatan antara mahasiswa dengan perusahaan impian mereka, dan bisa explore lebih jauh lagi tentang perusahaannya,” kata Wuryaningrum selaku Menteri Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa - Karir dan Kewirausahaan Kabinet Lamansua BEM KM IPB University.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif