Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Universitas Sriwijaya Siap Transformasi dari BLU Jadi PTNBH

Antara • 22 Maret 2022 13:52
Palembang:  Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatra Selatan, siap bertransformasi dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Saat ini status Universitas Sriwijaya masih BLU.
 
Rektor Unsri, Anis Saggaff pada sosialisasi strategi penyiapan kelembagaan Unsri menuju PTNBH menjelaskan, sejak 2009 hingga kini Unsri telah berstatus BLU.  Namun dalam beberapa tahun terakhir berupaya menuju PTNBH.
 
"Kami terus melakukan berbagai persiapan agar bisa diproses perubahan status pada 2022 ini bersama beberapa PTN lainnya di pulau Sumatra yang berproses menuju PTNBH seperti Universitas Sumatra Utara, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang dan Universitas Lampung," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, PTN-BH merupakan konsep penyelenggaraan perguruan tinggi dengan otonomi yang lebih luas.  Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2013 yang berisi PTN-BH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai subjek hukum yang otonom.
 
Keuntungan perubahan status PTN BLU menjadi PTNBH, katanya, dengan otonom penuh suatu perguruan tinggi negeri bisa secara mandiri mengelola rumah tangga sendiri sesuai dengan tujuan kampus.  Dengan otonom penuh diharapkan Unsri yang memiliki kampus di Bukit Besar Palembang dan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir itu bisa lebih cepat berkembang dan berinovasi.
 
Baca juga:  Siap Dibangun, RSPTN Unpad Bakal Jadi Rumah Sakit Tipe B
 
Sebagai contoh, jika Unsri menjadi PTN-BH bisa menentukan sendiri pembukaan program studi baru atau menutup yang sudah kurang diminati masyarakat.
 
"Selama ini kami tidak bisa serta merta membuka prodi sesuai dengan perkembangan pendidikan dan kemajuan zaman, karena harus diusulkan ke pusat yang membutuhkan waktu cukup lama di atas satu tahun," kata Anis.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif