Ilustrasi. Pexel
Ilustrasi. Pexel

Mengenal Dokumen Persyaratan Kuliah: Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Medcom • 20 Mei 2022 15:38
Jakarta: Surat keterangan penghasilan orang tua merupakan salah satu persyaratan yang diminta ketika mendaftar perguruan tinggi. Ini berguna untuk menentukan besaran biaya pendidikan.
 
Surat keterangan penghasilan orang tua juga bisa digunakan untuk mendaftar bantuan pendidikan, seperti KIP Kuliah. Surat keterangan ini dibutuhkan guna mengetahui apakah yang bersangkutan layak menerima bantuan KIP Kuliah.
 
Tak cuma KIP Kuliah, surat keterangan penghasilan orang tua dapat dipakai untuk mendaftar bantuan pendidikan lewat beasiswa. Setiap perguruan tinggi, baik PTN maupun PTS, pasti memberikan beasiswa kepada mahasiswanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika berminat mendapatkan beasiswa tersebut, mahasiswa biasanya diminta mengumpulkan sejumlah berkas. Salah satunya, surat keterangan penghasilan orang tua yang menyebutkan jumlah penghasilan per bulan beserta jenis pekerjaannya.
 
Selain memuat jumlah penghasilan dan profesi orang tua, surat keterangan ini juga memuat informasi tentang biaya kebutuhan atau pengeluaran keluarga setiap bulan. Biaya tersebut meliputi tagihan air, listrik, total tanggungan keluarga, dan sebagainya.
 
Bagi Sobat Medcom yang membutuhkan surat keterangan penghasilan orang tua, tentu harus membuatnya dengan format penulisan yang benar. Sudah tahu bagaimana struktur yang tepat?
 
Jika belum, berikut beberapa contoh surat keterangan penghasilan orang tua yang dikutip dari Quipper. Contoh ini dibedakan berdasarkan jenis pekerjaan orang tua.

Surat keterangan penghasilan orang tua dengan pekerjaan informal

Mengenal Dokumen Persyaratan Kuliah: Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

Surat keterangan penghasilan orang tua dengan pekerjaan PNS, POLRI, TNI, karyawan swasta, dan pensiunan

Mengenal Dokumen Persyaratan Kuliah: Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
 
Surat keterangan penghasilan orang tua bisa diurus di kantor desa atau kelurahan setempat. Perlu diingat, surat ini harus dibuat sejujur mungkin karena informasi yang tertera bakal menjadi bahan evaluasi kelayakan diterima kuliah di suatu kampus atau untuk keperluan lainnya. (Nurisma Rahmatika)
 
baca: 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif