Ilustrasi PTM Terbatas di Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Ilustrasi PTM Terbatas di Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Aturan Terbaru, Tiada Opsi Buat Orang Tua Pilih PJJ atau PTM Terbatas

Ilham Pratama Putra • 03 Januari 2022 12:28
Jakarta: Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas 100 persen diterapkan mulai Januari 2022. Penentuan PTM terbatas pada semester genap ini ditentukan oleh level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga tingkat vaksinasi sebanyak dua dosis bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta lansia di satu daerah.
 
Dengan begitu, orang tua tak lagi dapat menentukan apakah anaknya akan mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau PTM terbatas. Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek, Jumeri menyebut tak ada lagi opsi bagi orang tua.
 
"Mulai semester dua semua siswa wajib PTM terbatas jadi tidak ada lagi dispensasi seperti semester lalu, boleh milih di rumah atau sekolah,” kata Jumeri dalam webinar kesiapan pelaksanaan PTM terbatas, Senin, 3 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Mulai Januari 2022, Wilayah PPKM Level 1-3 Wajib PTM Terbatas
 
Adapun Keputusan terkait pembelajaran di masa pandemi covid-19 merujuk kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 tertanggal 21 Desember 2021. 
 
"Orang tua atau wali peserta didik tidak dapat memilih PTM terbatas atau PJJ bagi anaknya setelah Januari ini," tegasnya.
 
Selain itu, Pemda tidak boleh melarang PTM terbatas manakala wilayahnya memenuhi kriteria. Selanjutnya, Pemda juga tidak boleh menambah kriteria tertentu apabila berujung menghambat PTM terbatas.
 
Ia memastikan, sanksi juga akan diberikan kepada satuan pendidikan yang melanggar penerapan protokol kesehatan (prokes) selama menjalankan PTM terbatas.
 
Baca: KPAI Beberkan Hasil Pengawasan PTM Terbatas di 8 Provinsi Sepanjang 2021
 
"Yang terbukti melanggar prokes diberikan sanksi, sanksi administratif dan dibina oleh Satgas Covid-19 atau tim pembina UKS setempat," ujar dia.
 
Pada aturan sebelumnya, orang tua memiliki opsi untuk mengizinkan anaknya PTM terbatas atau memilih PJJ. Kebijakan itu tak berlaku lagi dan mengikuti kebijakan Pemda.
 
Ketentuan lengkap soal PTM terbatas berdasarkan SKB 4 Menteri Terbaru dapat dilihat di laman ini.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif