Peluncuran SIPP Karhutla. DOK IPB
Peluncuran SIPP Karhutla. DOK IPB

IPB Luncurkan Sistem Pencegahan Kebakaran Hutan, SIPP Karhutla - SMART Patrol Information System

Renatha Swasty • 30 Juni 2022 19:38
Jakarta: IPB University meluncurkan Sistem Informasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPP Karhutla)-SMART Patrol Information System. Rektor IPB University Arif Satria menyampaikan SIPP Karhutla ini ialah terobosan IPB yang bisa memecahkan masalah dengan teknologi. 
 
Sistem ini juga bagian dari early warning sistem untuk memprediksi masa depan dalam hal upaya mencegah kebakaran hutan. Arif menuturkan dalam mengelola sumber daya alam saat ini harus dipecahkan dengan teknologi 4.0 sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam memprediksi secara presisi.
 
Sistem ini dibangun sebagai alat bantu dalam mendukung pelaksanaan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia. Tim peneliti terdiri atas Imas Sukaesih Sitanggang, Lailan Syaufina, Hendra Rahmawan, Rina Trisminingsih, Firman Ardiansyah, Wulandari, dan Deny Ramdhany. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB, Berry Juliandi, menyampaikan sistem telah diujicobakan di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Saat ini, inisiasi penggunaan SIPP Karhutla-SMART Patrol Information System juga dilakukan di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. 
 
Ketua tim peneliti Imas Sukaesih Sitanggang mengatakan penggunaan SIPP Karhutla-SMART Patrol Information System telah terbukti mendukung pelaksanaan dan pelaporan kegiatan patroli pencegahan karhutla di lapangan lebih efektif dan efisien. SIPP Karhutla-SMART Patrol Information System terdiri atas aplikasi mobile untuk pencatatan data patroli karhutla, Sistem Manajemen Basis Data untuk mengelola data patroli karhutla, dan aplikasi berbasis web untuk pemantauan secara real time kegiatan patroli, manajemen pengguna, pelaporan, dan analisis data spasial patroli karhutla. 
 
Dosen IPB itu menyebut penggunaan SIPP Karhutla telah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim No. P.10/PPI/SET/KUM.1/12/2020 tentang Tata Cara Penggunaan Sistem Informasi Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPP Karhutla). Peraturan tersebut sebagai acuan dalam penggunaan SIPP Karhutla untuk mendukung kegiatan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. 
 
“Sistem ini telah digunakan dalam mendukung pelaksanaan patroli pencegahan karhutla di Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni di wilayah Sumatra dan Kalimantan,” tutur dia. 
 
Pembangunan dan pengembangan SIPP Karhutla-SMART Patrol Information System turut didukung pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan dan Kegiatan Kerja Sama KLHK-ITTO PP-A/56-340-1 Capacity Building on Forest and Land Fire Management in Indonesia. 
 
Baca juga: Keren, Ilmuwan IPB Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terima Gelar Doktor Kehormatan Universitas Helsinki

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif