Foto:  UKDW/Humas
Foto: UKDW/Humas

Rektor: UKDW Berani Beradaptasi

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 November 2019 10:21
Yogyakarta:Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) memasuki usia ke-57 tahun pada tahun ini. Perayaan Dies Natalis 2019 kali ini mengusung tema “Beradaptasi, Berubah, Bertumbuh Mendukung Keutuhan Ciptaan”.
 
Tema ini bertujuan untuk mengingatkan, menyemangati, dan memotivasi sivitas akademika agar mampu beradaptasi sambil memperjuangkan visi dan misi UKDW. Agar selalu berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan, keutuhan alam ciptaan-Nya serta menjadi inspirasi bagi kemajuan bangsa dan negara.
 
Rektor UKDW, Henry Feriadi ini berharap melalui momen Dies Natalis ke-57 ini semua sivitas akademika dan warga UKDW dapat merefleksikan kembali apa yang sudah dilakukan dan dipersembahkan oleh UKDW kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Duta Wacana diingatkan untuk berani beradaptasi, berubah, dan bertumbuh, seiring tantangan, kebutuhan, dan perubahan zaman," kata Henry dalam siaran pers, Yogyakarta, Jumat, 8 November 2019.
 
Henry juga menyampaikan, catatan capaian UKDW dalam satu tahun terakhir. Antara lain beberapa program studi (prodi) yang mendapatkan akreditasi B dan seluruh program studi S1, S2, dan S3 di Fakultas Teologi telah terakreditasi internasional.
 
"Program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Magister Manajemen telah terakreditasi B. Selain itu, seluruh program studi S1, S2, dan S3 di Fakultas Teologi telah terakreditasi internasional oleh Association of Theology Education in South East Asia (ATESEA)," kata Henry.
 
Selain itu, UKDW juga telah bekerja sama dengan beberapa mitra, baik dalam maupun luar negeri untuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa. Beasiswa internal yang dikelola saat ini terdiri dari Beasiswa Talenta Duta Wacana, Prestasi Akademik, Kebutuhan, dan Beasiswa bagi Putra/i Karyawan.
 
Sedangkan beasiswa eksternal, UKDW juga bermitra dengan Medcom.iddengan program Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) dan beasiswa lainnya. "Sedangkan beasiswa eksternal terdiri dari YMTC, AA Rachmat, Bank BPD, BBP-PPA, Bidikmisi, Beasiswa untuk mahasiswa Fakultas Teologi dari GKI Kebayoran Baru, GKI Pondok Indah, GKJ, GKP, Scranton Scholarship-Korea, Presbyterian Church USA, dan Compassion Indonesia," jelasnya.
 
Di bidang prestasi, UKDW juga mempunyai catatan apik. Mahasiswa UKDW turut berpartisipasi dalam mengikuti berbagai ajang kompetisi nasional selama setahun terakhir. Beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa/i UKDW di tahun 2019 ini antara lain Juara II dan Juara IV “PKN STAN Audition Competition” oleh enam mahasiswa Prodi Akuntansi.
 
KemudianJuara III “Regional Medical Olympiad (RMO) 2019” oleh dua mahasiswa Fakultas Kedokteran, Juara II Kategori Bangunan Pendidikan dan Penelitian “Kompetisi Nasional Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur Indonesia (KTA-16 2019) oleh mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain.
 
Selain itu juga Juara II dan Juara III “Biology Science Project Ideas Competition (BIOSPEC) 2019” oleh dua tim mahasiswa Prodi Biologi Fakultas Bioteknologi, Juara III lomba nasional “Inovasi Produk Kebencanaan” oleh tim yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Arsitektur dan Desain, Fakultas Kedokteran, dan perwakilan UKM GAPPALA.
 
Dalam pengembangan kualitas SDM Dosen, terdapat lima dosen yang telah menyelesaikan program doktor dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Hal ini, kata Henry, menunjukkan upaya UKDW untuk terus mendorong para dosennya melanjutkan studi lanjut ke jenjang doktoral.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif