Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto. Foto: YouTube
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto. Foto: YouTube

Model Project Based Learning Vokasi Harus Berbasis Proyek Nyata

Pendidikan pendidikan Pendidikan Vokasi SMK Perguruan Tinggi Kemendikbudristek
Citra Larasati • 07 Desember 2021 14:41
Jakarta: Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Wikan Sakarinto mengatakan, model project based learning (PBL) yang ideal untuk diterapkan bagi pelajar vokasi. Menurut Wikan, idealnya PBL berbasis proyek nyata atau bukan simulasi, dan dapat menjadi salah satu indikator kelulusan mata pelajaran terkait.
 
"Misal project-nya itu jadi produk, dan produknya enggak memuaskan, ya enggak boleh lulus mata pelajaran itu. Itu baru project based learning," tutur Wikan dalam Gebyar Menara Vokasi, Selasa 7 Desember 2021.
 
Wikan pun berharap, model project based learning ini dapat diterapkan bagi pelajar tingkat pertama di pendidikan vokasi. Baik itu di SMK maupun perguruan tinggi vokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anak SMK dan perguruan tinggi vokasi sejak kelas satu belajar praktek ngerjain project real itu," tuturnya.
 
Baca juga:  5 Daerah Jadi Tuan Rumah Program Menara Vokasi 2021
 
Project real itu pun diharapkan datang dari dunia usaha dan dunia industri. Agar para palajar vokasi lebih mengenal produk yang dibutuhkan masyarakat.
 
Pada saat itu pula, pelajar vokasi mesti terhubung dengan dunia usaha dan dunia industri. Agar project bisa dikerjakan bersama-sama.
 
"Sehingga anak terbiasa untuk mengerjakan proyek real dan kerja sama dan terbiasa komunikasi dengan yang punya project misal dengan manajernya atau direkturnya. Mereka akan berkomunikasi, pesanan bapak maunya apa, kami harus apa, akhirnya ada team work," tutup Wikan.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif