Sertifikat NPSN. DOK Kemendikbudristek
Sertifikat NPSN. DOK Kemendikbudristek

Sekolah Belum Punya Sertifikat NPSN? Begini Cara Unduhnya

Pendidikan pendidikan Sekolah Kemendikbudristek
Renatha Swasty • 09 Mei 2022 13:11
Jakarta: Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) penting bagi satuan pendidikan. NPSN merupakan kode referensi yang digunakan untuk keperluan pendataan di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
NPSN berupa kode pengenalan satuan pendidikan yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Nomor pokok sekolah ini terdiri dari delapan digit kombinasi huruf dan angka.
 
Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek menetapkan NPSN berdasarkan pengajuan dari Lembaga Pembina Satuan Pendidikan. Seperti dinas pendidikan dan sebagainya lewat mekanisme pengajuan NPSN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai NPSN terbit, lembaga pembina satuan pendidikan dapat mencetak sertifikat NPSN. Sertifikat NPSN dapat dicetak melalui aplikasi VervalSP.
 
Setelah sertifikat NPSN dicetak, lembaga pembina satuan pendidikan bisa menyerahkan ke satuan pendidikan. Satuan pendidikan yang telah memiliki NPSN namun belum mendapatkan sertifikat NPSN bisa berkoordinasi dengan lembaga pembina satuan pendidikan terkait dengan persyaratan memperbarui SK Izin Operasional yang masih berlaku.

Berikut cara mendapatkan sertifikat NPSN:

  1. Lembaga pembina satuan pendidikan melakukan login terlebih dahulu pada laman https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ (khusus untuk akun lembaga pembina satuan pendidikan)
  2. Klik menu Konten Sertifikat dan memastikan nama Penanggung Jawab (misal kepala dinas pendidikan) telah tercantum
  3. Lembaga pembina dapat mengunggah logo pemerintah daerah atau logo Lembaga Pembina Satuan Pendidikan dalam format file .jpg atau .png. Setelah itu, klik simpan
  4. Kembali ke beranda dan klik menu Rekapitulasi, kemudian pilih kecamatan
  5. Pilih satuan pendidikan dalam kecamatan
  6. Klik ikon sertifikat pada kolom paling kanan
  7. Setelah sertifikat NPSN muncul pada laman baru, klik ikon unduh pada bagian pojok kanan atas untuk mengunduh sertifikat NPSN
  8. File sertifikat NPSN yang diunduh akan berbentuk .pdf
Satuan pendidikan yang belum memperbarui SK Izin Operasional maka kolom sertifikat akan kosong. Penting bagi satuan pendidikan memperbarui SK Izin Operasional.
 
Dokumen sertifikat NPSN yang telah diunduh selanjutnya dapat dicetak oleh lembaga pembina satuan pendidikan. Jangan lupa ditandatangani dan diberi stempel oleh penanggung jawab lembaga pembina satuan pendidikan yang bersangkutan.
 
Itulah cara bagi lembaga pembina satuan pendidikan mendapatkan sertifikat NPSN bagi satuan pendidikan binaan. Satuan pendidikan bisa berkoordinasi langsung dengan lembaga pembina terkait. Semoga informasi ini bermanfaat ya!
 
Baca: Sekolah, Ini 6 Keuntungan Gunakan Rapor Pendidikan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif