Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih. Branda Antara
Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih. Branda Antara

90 Relawan Siap Ikut Uji Klinis Vaksin Merah Putih

Antara • 08 Februari 2022 12:15
Jakarta: Sebanyak 90 relawan berusia minimal 18 tahun siap mengikuti uji klinis tahap pertama vaksin Merah Putih. Uji klinis pada 9 Februari 2022 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya.
 
"Uji klinis tahap awal sudah siap, termasuk jadwal dan relawannya. Berikutnya, tahap 2 dan 3 dijadwalkan kemudian," kata Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih dikutip dari Antara, Selasa, 8 Februari 2022.
 
Nasih mengungkapkan kebutuhan relawan tahap 1 dan 2 vaksin Merah Putih sangat banyak. Sehingga pihaknya mengerahkan semua kekuatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut pihaknya mendapat tawaran dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa untuk mencarikan 5.000 relawan tahap 1 dan 2 uji klinis vaksin Merah Putih. Hal itu disampaikan saat Andika mengunjungi Unair pada Jumat, 4 Februari 2022.
 
"Kami berterima kasih Panglima TNI berkomitmen untuk membantu, karena tidak mudah untuk mencari 5.000 relawan," ucap dia.
 
Nasih menyebut bila bekerja sendirian pihaknya bisa mendapat 1.000 atau 2.000 orang. Namun, untuk kebutuhan 3.000 relawan sulit.
 
"Karena harus belum divaksin sama sekali. Sehingga ini adalah kesempatan," tambah Guru Besar Unair tersebut.
 
Nasih menjelaskan tahapan uji klinis dilakukan paralel setiap dua pekan sekali. Selanjutnya hasil uji klinis akan diserahkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dilihat aman atau tidaknya.
 
"Kalau itu hasilnya aman dan BPOM mengizinkan, selanjutnya akan dilakukan uji klinis untuk tahap 3," kata Nasih.
 
Pihaknya optimistis hasil uji klinis vaksin Merah Putih aman. Sehingga dapat dilakukan uji klinis tahap 3 pada Maret 2022.
 
"Paling tidak Maret kami akan mulai tahap 3 karena paralel dua pekan, kemudian hasilnya diketahui semuanya saya pikir bisa dilakukan bulan depan. Semua sangat tergantung hasil di tahap 1 dan 2, tapi Insyaallah bagus," tutur dia.
 
Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap uji klinis tahap 1 vaksin Merah Putih inovasi Universitas Airlangga Surabaya bersama tim dari RSUD Dr Soetomo berjalan lancar. "Semoga sesuai dengan target yang diharapkan," kata Khofifah.
 
Baca: Vaksin Merah Putih Diharapkan Jadi Vaksin Utama Masyarakat Indonesia
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif