Ilustrasi. DOK Medcom
Ilustrasi. DOK Medcom

10 Jenis Pembicaraan Publik

Renatha Swasty • 12 Desember 2024 18:37
Jakarta: Berbicara di depan umum membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dan keahlian memahami situasi. Dikutip dalam buku Anti Panik Berbicara Di Depan Umum karya Asti Musman, pembicara publik dapat dibagi menjadi sepuluh jenis.
 
Yuk kita mengenal jenis-jenis pembicaraan publik. Berikut ulasannya:  

1. Pembicaraan Impromptu

Pembicaraan ini dilakukan secara spontan tanpa persiapan. Biasanya merupakan respons dadakan terhadap suatu pertanyaan atau situasi mendesak yang mengharuskan pembicara tampil di depan audiens.  

2. Presentasi Terencana  

Berbeda dengan impromptu, presentasi ini telah direncanakan sebelumnya. Pembicara memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan materi, memilih tempat, serta menetapkan waktu pelaksanaannya.  

3. Moderator  

Seorang moderator berperan memandu jalannya acara. Mulai dari membuka acara, mengatur alur diskusi, memberi waktu bicara pada peserta, hingga menutup kegiatan dengan kesimpulan.  

4. Pidato Pemaparan Informasi  

Pidato ini bertujuan menyampaikan fakta penting yang membutuhkan data dan analisis akurat. Biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi yang menjadi perhatian publik.  
 
Baca juga: Pidato Adalah: Pengertian, Fungsi, hingga Pentingnya Pendekatan Persuasif
 

5. Pidato Pengarahan dan Pemotivasi

Bertujuan memberikan motivasi kepada individu atau kelompok agar bersemangat mencapai tujuan tertentu. Pidato ini sering digunakan oleh pemimpin untuk menginspirasi timnya.  

6. Pidato Penyerahan/Penerimaan Sesuatu  

Berisi ucapan singkat untuk menyerahkan atau menerima penghargaan, hadiah, atau benda simbolis lainnya, baik dalam acara formal maupun informal.  

7. Pidato Meminta dan Menerima Toast

Dilakukan dalam acara penghormatan atau silaturahmi. Pembicara biasanya memberikan pidato singkat sambil mengangkat gelas sebagai bentuk penghargaan.  

8. Master of Ceremony (MC)  

Sebagai pembawa acara, MC bertugas mengatur jalannya kegiatan secara keseluruhan, termasuk menjaga suasana tetap kondusif dan menarik perhatian audiens.  

9. Berbicara dalam Wawancara  

Dalam wawancara, pembicara bisa bertindak sebagai pewawancara yang mengajukan pertanyaan atau sebagai pihak yang diwawancarai untuk memberikan informasi.  

10. Penyiar Radio/Presenter TV

Pembicaraan yang dilakukan dalam media radio atau televisi ini bertujuan menyampaikan informasi, memandu acara, atau membawakan berita.  
 
Klasifikasi ini membantu siapa saja yang ingin mengembangkan kemampuan berbicara di depan publik untuk memahami peran dan situasi yang dihadapi. Dengan persiapan dan latihan, kemampuan berbicara dapat terus ditingkatkan.  (Suchika Julian Putri)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan