Ilustrasi. Foto: Dok. UGM
Ilustrasi. Foto: Dok. UGM

Biologi, 6 Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Citra Larasati • 20 Mei 2022 07:07
Jakarta:  Kalau kita perhatikan, baik hewan, manusia, dan tumbuhan memiliki sel pembentuknya sendiri.  Kita dapat melihat adanya perbedaan sel tubuh di antara makhluk hidup dengan melihat bentuknya yang berbeda-beda.
 
Apa itu sel? Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, sel adalah bagian terkecil dari suatu organisme yang membentuk sistem dalam tubuh.  Baik manusia, hewan, maupun tumbuhan memiliki sel yang berbeda-beda.
 
Coba saja kamu bandingkan gajah dan pohon pisang, apakah pohon pisang memiliki belalai seperti gajah? Atau apakah gajah memiliki akar seperti pohon pisang? Jawabannya tidak, bukan? Nah, hal inilah yang mengindikasikan adanya perbedaan sel hewan dan tumbuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Walaupun berbeda, nyatanya, sel hewan dan sel tumbuhan memiliki persamaan juga, lho. Persamaan tersebut terlihat dari komponen pembentuk selnya. Kira-kira seperti apa, ya, persamaan sel hewan dan sel tumbuhan? Simak penjelasan berikut ini yang dikutip dari artikel Zenius.

6 Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Terdapat enam persamaan sel hewan dan sel tumbuhan, yaitu terdapatnya komponen sel nukleus, membran sel, sitoplasma, mitokondria, dan badan golgi.

1. Nukleus

Komponen sel yang sama-sama dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan yang pertama adalah nukleus. Nukleus sendiri merupakan komponen sel yang berisi DNA dan genetik organisme hidup.
 
Nukleus juga dikenal dengan nama inti sel. Inti sel atau nukleus memiliki peran yang penting bagi proses kerja sel-sel lainnya. Ibarat mandor atau komandan, nukleus memiliki peran penting untuk mengatur kegiatan sel dalam struktur jaringan.
 
Selain memegang komando untuk sel-sel lainnya, nukleus juga berperan menyimpan DNA dan genetik. Nah, kalau kamu ingin melakukan kloning terhadap hewan atau tumbuhan, transfer (fusi) nukleus bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan.

2. Membran Sel

Persamaan sel hewan dan sel tumbuhan selanjutnya adalah keduanya sama-sama memiliki membran sel. Membran sel adalah membran yang tersusun dari lipid dan protein yang mengitari sebuah sel. Membran sel sendiri bersifat semipermeabel dan terdiri dari fosfolipid dan protein.
 
Kamu bisa mengibaratkan membran sel ini seperti satpam sebuah mall yang mengatur masuk dan keluarnya pengunjung. Hal serupa juga dilakukan oleh membran sel, yaitu bertugas mengatur masuk dan keluarnya zat.

3. Sitoplasma

Kemudian, sel hewan dan sel tumbuhan juga sama-sama memiliki komponen sitoplasma, yaitu sebuah cairan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein, pencernaan makanan, hingga reaksi metabolisme lainnya. Sitoplasma juga bisa kamu sebut sebagai cairan yang memenuhi membran sel.
 
Komponen penyusun sitoplasma sendiri terdiri dari air dan materi penyusun lainnya, seperti protein, karbohidrat, lemak, ribosom, asam nukleat, dan garam mineral. Tidak hanya itu saja, sitoplasma juga memiliki berbagai organel sel lainnya, lho.
 
Organel sel dalam sitoplasma meliputi mitokondria, plastida, vakuola, ribosom, retikulum endoplasma, badan golgi, dan lisosom.

4. Mitokondria

Komponen sel yang sama-sama dimiliki hewan dan tumbuhan selanjutnya adalah mitokondria. Mitokondria merupakan komponen sel yang berfungsi mengkonversi bahan mentah dalam sel menjadi energi.
 
Kamu bisa mengenali mitokondria dari bentuknya yang mirip dengan kacang. Mitokondria sendiri punya dua sel pelapis, yaitu membran luar dan membran dalam. Selain itu, mitokondria juga tersusun atas DNA, ribosom, dan komponen penyusun lainnya.

5. Badan Golgi

Persamaan kelima yang dimiliki oleh sel hewan dan sel tumbuhan adalah sama-sama memiliki komponen sel badan golgi. Jangan salah baca ya teman-teman, bukan bulgogi tapi badan golgi.
 
Apa itu badan golgi? Badan golgi merupakan komponen sel yang berhubungan sebagai sistem ekskresi sel. Oleh karena itu, badan golgi umumnya banyak ditemukan pada organ ekskresi makhluk hidup, contohnya seperti pada ginjal manusia dan hewan.
 
Hewan dan tumbuhan memiliki jumlah sel badan golgi yang berbeda-beda. Sel hewan memiliki 10-20 badan golgi, sedangkan sel tumbuhan memiliki jumlah yang lebih besar, bahkan hingga ratusan.

6. Ribosom

Persamaan keenam yang dimiliki oleh sel hewan dan sel tumbuhan adalah adanya komponen sel ribosom dalam sel mereka. Ribosom merupakan komponen sel kecil yang berfungsi menghasilkan protein bagi sel-sel lainnya dan juga berfungsi melakukan sintesis protein.
 
Protein ini berperan besar, lho, dalam sel hewan dan tumbuhan karena bertugas memelihara jaringan sel dan mempercepat proses biologi makhluk hidup. Nantinya, sebagian besar protein yang dihasilkan oleh ribosom akan berpindah ke sel sitosol.
 
Baca juga:  Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Lengkap dengan Gambar
 
Barulah dari situ metabolisme hewan dan tumbuhan dapat bekerja.  Itu dia 6 persamaan sel hewan dan sel tumbuhan yang perlu kamu tahu. Walaupun pembentukkan sel hewan dan tumbuhan menghasilkan bentuk biologis dan metabolisme yang berbeda-beda, ternyata keduanya masih memiliki cukup banyak komponen sel yang sama, lho.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif