Ketua Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Henry Praherdhiono. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Ketua Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Henry Praherdhiono. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Pimpinan Perguruan Tinggi Jadi Penentu Keberhasilan Pembelajaran Digital

Ilham Pratama Putra • 06 April 2022 09:57
Jakarta: Ketua Departemen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Henry Praherdhiono, menyebut pimpinan perguruan tinggi menjadi penentu keberhasilan pembelajaran digital. Pimpinan perguruan tinggi harus mampu memanajemen pro-kontra pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran.
 
"Pimpinan ini kan dia harus mampu memetakan penggunakan teknologi apa yang cocok. Dia sudah harus lihat setiap pro dan kontra. Itulah yang harus di-manage," kata Henry dalam siaran podcast Dikti Menyapa, dikutip Rabu, 6 April 2022.
 
Henry menuturkan kesepakatan penggunaan teknologi diperlukan menimbang kemampuan perguruan tinggi. Utamanya, kemampuan infrastruktur dan sarana prasarana kampus maupun mahasiswa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manajemen penentuan teknologi juga penting dilihat dari generasi di kampus. Henry menyebut bukan hal mudah membuat kebijakan pembelajaran di lingkungan yang diisi banyak generasi.
 
"Kampus ini kan isinya mulai dari baby boomer, X, Y, Z. Mereka ini kan enggak mungkin akur. Jadi, perlu pengelolaan yang bijak dari segi kebijakan," tutu Henry.
 
Dia menilai pemimpin yang tepat akan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Pemimpin perguruan tinggi yang baik ialah mereka yang bisa mengatasi dan memberi kebijakan tepat bagi empat generasi tersebut.
 
"Kalau pimpinannya itu baik maka tidak ada perpecahan. Manajemen dari pimpinan ini akan mengantarkan pendidikan seperti apa pun menjadi berhasil termasuk dengan memanfaatkan teknologi," tutur dia.
 
Baca: Disparitas Dinilai Bukan Kendala Pembelajaran Digital
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif