Dokumentasi UGM.
Dokumentasi UGM.

UGM Kampus Terbaik Versi Webometric

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 07 Februari 2019 16:43
Jakarta:Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia versi webometric 2019.
 
Prestasi ini sekaligus menjadikan UGM mengungguli Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga. Sementara di level Asia Tenggara dan dunia, UGM berada di posisi ke-157 dan ke-844 perguruan tinggi.
 
“UGM menduduki peringkat pertama di Indonesia versi webometric yang dirilis pada Januari 2019,” jelas Kepala Bidang Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, Kamis, 7 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iva mengatakan hasil pemeringkatan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi UGM. Peringkat yang diperoleh menunjukkan capaian dari upaya UGM dalam mendiseminasikan ilmu pengetahuan, informasi, serta karya-karya sivitas akademika UGM.
 
“Capaian ini sekaligus menjadi tantangan bagi UGM untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi menjadi lebih baik lagi agarwebsiteUGM bisa menjadi jendela informasi bagi masyarakat,” tuturnya.
 
Baca:Kemenpora Hibahkan Gelanggang Olahraga ke UGM
 
Sementara Sekretaris Direktur, Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Triyogatama Wahyu Widodo mengatakan, peringkat yang diperoleh UGM ini diperoleh melalui penilaian yang dilakukan Webometric yang terdiri atas empat indikator yaknipresence,impact,
openness,sertaexcellence.Presenceyang diukur berdasar jumlahwebsitedi UGM, termasuk subdomainnya. Lalu,impactdinilai dari jumlahbacklinkdariwebsiteluar.
 
Berikutnya,opennessdiukur berdasar jumlah file (Adobe Acrobat (pdf), Adobe PostScript (ps, eps), Microsoft Word (doc, docx) dan Microsoft Powerpoint (ppt, pptx) yang bisa diakses dan terhubung dengan domainwebsiteuniversitas. Terakhir,excellence yang dinilai berdasar jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika UGM yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi.
 
“Bobot terbesar ada pada indikatorimpactyang berkontribusi sebesar 50%. Hal ini menandakan
websiteUGM banyak menjadi rujukan diwebsitelain,” jelasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif