Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Rekrut Honorer, Sekolah Bakal Kena Sanksi

Pendidikan Kebutuhan Guru Guru Honorer
Ilham Pratama Putra • 27 Januari 2020 16:13
Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menghapus tenaga honorer secara bertahap, termasuk guru. Guru didorong untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
 
Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, penghapusan tenaga honorer akan dilakukan secara bertahap dalam lima tahun. Dalam masa peralihan ini pihaknya mengawasi ketat sekolah jika masih merekrut tenaga honorer.
 
"Akan kita sanksi sesuai pasal 96 Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2018," kata Setiawan di kantor KemenPAN-RB, Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pasal tersebut dinyatakan, PPK (termasuk pejabat lain di instansi pemerintah) dilarang mengangkat pegawai nonPNS dan atau nonPPPK untuk mengisi jabatan ASN. Namun sayang, pihaknya masih belum menentukan sanksi apa yang aka dijatuhkan kepada pelanggar.
 
"Nanti bakal diputuskan," lanjut dia.
 
Pasalnya, Kemenpan RB juga harus berkoordinasi dengan kementerian terkait. Di antaranya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dinilai lebih mampu dan memiliki kewenangan mengawasi pemerintah daerah.
 
Setiawan berharap, pada masa peralihan ini, para tenaga honorer dapat mengikuti seleksi CPNS maupun PPPK. Setiap tenaga honorer dapat mengikuti seleksi CPNS sesuai dengan peraturan perundangan.
 
Salah satu persyaratannya adalah batasan umur tidak melebihi 35 tahun dan bagi tenaga honorer yang tidak memenuhi persyaratan CPNS, dapat mengikuti seleksi PPPK.
"Ya tidak jadi soal, di atas 35 tahun otomatis masih bisa PPPK, di bawah 35 masih mungkin CPNS, tapi basisnya fair dan mengikuti tata cara bagaimana direkrutnya," tutur Setiawan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif