Mahasiswa diharapkan tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga dalam aspek karakter dan kepribadian (Foto:MI/Susanto)
Mahasiswa diharapkan tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga dalam aspek karakter dan kepribadian (Foto:MI/Susanto)

Karakter Kuat Menjadi Modal Hadapi Disrupsi Teknologi

Pendidikan pendidikan anak Pendidikan Karakter Penguatan Pendidikan Karakter Berita Kemendikbud
Ilham Pratama Putra • 03 Desember 2020 12:23
Jakarta: Aktor Cholidi Asadil Alam menyebut revolusi industri 4.0 telah membawa banyak dampak disrupsi. Agar bisa bertahan dari disrupsi, dosen Institut Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (Stiami) itu menyarankan agar setiap orang, terutama anak muda, memiliki karakter yang kuat.
 
"Di saat banyak disrupsi, kita butuh kekuatan karakter. Dengan karakter, kita bisa bertahan dan menjadikan lebih percaya diri dalam menjalankan kehidupan," kata Cholidi dalam siaran langsung Instagram @osc_medcom, Kamis, 26 November 2020.
 
Pada masa depan diprediksi banyak profesi akan hilang akibat disrupsi teknologi. Dalam menghadapinya, mahasiswa diharapkan tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga dalam aspek karakter dan kepribadian. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendidikan karakter menjadi kunci agar seseorang mampu beradaptasi dalam setiap perubahan pada masa depan. Dengan pendidikan karakter akan membentuk kecerdasan personal dan kolektif, sehingga seseorang mampu bertahan dari perubahan pesat di bidang teknologi dan globalisasi.
 
Kekuatan karakter itu dirasakannya saat menjalani kehidupan sebagai aktor. Cholidi yang dikenal lewat perannya di film Ketika Cinta Bertasbih, mengatakan dirinya dapat bertahan menjadi aktor karena memiliki kekuatan karakter.
 
"Karakter ini juga yang membuat saya bisa bertahan 10 hingga 12 tahun dengan bermain film. Ini semua karena mempertahankan karakter. Percaya diri kita punya sesuatu yang tidak dimiliki orang lain," ujarnya.
 
Hal itu berarti meski dihadapkan dengan disrupsi, karakter tidak bisa ditinggalkan. Justru disrupsi dapat dihadapi dengan karakter yang kuat, karakter yang mampu beradaptasi.
 
Pentingnya penguatan karakter turut ditegaskan oleh Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbud Hendarman. 
 
Penguatan karakter terkait nasionalisme dan daya juang yang pantang menyerah sangat penting. Sebab, saat ini masyarakat dihadapkan pada perubahan teknologi yang ditandai revolusi industri 4.0, berkembangnya masyarakat era 5.0, dan kemungkinan perubahan bidang pekerjaan yang mengarah kepada penggunaan informasi teknologi (IT).
 
“Karakter daya juang dan pantang menyerah menjadi suatu yang harus dibekali kepada siswa atau mahasiwa yang dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran di kelas atau ruang kuliah dengan kegiatan berbasis kelas, budaya sekolah atau kampus atau berbasis masyarakat,” kata Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbud Hendarman.
 
Banyak perubahan terjadi pada era modern ini. Perubahan ini terjadi karena disrupsi di bidang teknologi, sosiokultural, dan lingkungan. Disrupsi pada teknologi membuat sektor lainnya juga terdampak. Sebut saja munculnya era otomatisasi, big data, percetakan 3D, hingga kecerdasan buatan. Dampaknya meluas hingga sosiokultural yang membuat peru­bahan demografi, sosio-eko­nomi, serta kesadaran akan etika, privasi, dan kesehatan.
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Puspeka hendak menciptakan pelajar Indonesia berkarakter Pancasila dan berwawasan global. 
 
Menurut Hendarman, nilai-nilai Pancasila masih sangat relevan dengan perkembangan zaman saat ini.
 
“Yang harus dipahami terlebih dulu, Pancasila adalah dasar negara dan menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia. Pancasila menjadi penciri dari setiap insan individu Indonesia. Sila-sila yang terdapat di Pancasila menjadi ‘titik keberangkatan’ setiap orang Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang unggul,” ujarnya.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif