Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto:  Zoom
Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto: Zoom

Kemendikbudristek Gelar Festival Generasi Pancasila

Ilham Pratama Putra • 05 Juli 2022 12:40
Jakarta:  Pusat Pendidikan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar festival generasi Pancasila. Kegiatan ini guna memperingati Hari Lahir Pancasila, Hari Keluarga Nasional (Harganas), dan Hari Anak Nasional (HAN).
 
Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui Webinar bertajuk “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila”. Mendikbudristek, Nadiem Makarim berharap festival ini mampu memperdalam cinta generasi muda terhadap pancasila.
 
"Generasi muda di Indonesia tidak hanya tahu definisi Profil Pelajar Pancasila namun juga bisa memaknai dan terinspirasi untuk mengimplementasikannya sepanjang waktu, sepanjang hayat," kata Nadiem dalam webinar Cerdas Berkarakter, Selasa 5 Juli 2022

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia tidak ingin para generasi muda hanya sekadar menghafal Pancasila. Namun, yang lebih penting adalah generasi muda paham pentingnya nilai-nilai Pancasila. 
 
"Mengapa penting sekali bagi kita untuk memiliki dan menerapkan semua profil Pancasila itu, serta menjadi Pelajar Pancasila,” tutur Nadiem.
 
Nadiem pun turut membeberkan enam nilai yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila. Di antaranya, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
 
"Kedua, berkebinekaan global, tiga, gotong royong, empat, mandiri, lima, bernalar kritis, serta keenam, kreatif," pungkas dia.
 
Baca juga: Kemendikbudristek Beberkan Enam Dimensi Pelajar Pancasila

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif