Ilustrasi: MI/Susanto
Ilustrasi: MI/Susanto

Kemendikbudristek Beberkan Enam Dimensi Pelajar Pancasila

Ilham Pratama Putra • 30 Juni 2022 17:54
Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menumbuhkan sikap cinta terhadap dasar negara, Pancasila. Bahkan Kemendikbudristek mencanangkan arah kebijakan untuk menghadirkan pelajar Pancasila.
 
Plt. Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbudristek, Hendarman mengatakan terdapat enam dimensi pelajar Pancasila. Salah satunya beriman kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
 
"Kedua, berkebinekaan global, gotong royong, kreatif, kritis dan yang terakhir mandiri," ujar Hendarman dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis 30 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, keenam dimensi tersebut perlu dimiliki generasi muda Indonesia. Agar generasi muda dapat bersaing di era digital.
 
"Jadi era digital ini jadi keniscayaan, generasi muda harus bisa menguasainya, mengintegrasikannya, dan menggunakannya dalam rangka mewujudkan profil pelajar Pancasila," terangnya.
 
Dengan menerapkan enam dimensi tersebut, Ia percaya generasi muda akan memahami Pancasila dan hal ini akan menjadi identitas diri secara utuh.  "Generasi muda akan memahami Pancasila ini merupakan identitas diri dan bukan sekadar teori," pungkasnya.
 
Baca juga:  Generasi Muda Didorong Tumbuhkan Bangga Pancasila Lewat Digital
 

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif