NEWSTICKER
Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Menristekdikti, Mohamad Nasir, Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Hati-hati Memilih, 2.252 Perguruan Tinggi Belum Terakreditasi

Pendidikan Pendidikan Tinggi Akreditasi Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 02 Agustus 2019 18:03
Jakarta: Sebanyak 2.252 dari sekitar 4.700-an perguruan tinggi di Indonesia belum terakreditasi. Masyarakat diminta jeli dan mengecek ulang di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) sebelum memilih perguruan tinggi, untuk menghindari kampus bermasalah.
 
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan jumlah perguruan tinggi yang terakreditasi mengalami peningkatan. Pada tahun lalu, jumlah perguruan tinggi terakreditasi A hanya 73 kampus, saat ini meningkat menjadi 95 perguruan tinggi.
 
"Dulu saat saya mulai jadi menteri hanya 19 yang terakreditasi A. Itu pun didominasi oleh PTN (Perguruan Tinggi Negeri), tapi sekarang ada PTS (Perguruan Tinggi Swasta), kualitas PTS makin naik, PTS nakal sudah mulai hilang," kata Nasir, di Jakarta, Jumat, 2 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian untuk jumlah yang terakreditasi B sudah 877 perguruan tinggi, dan 1.280 kampus untuk terakreditasi C. "Yang 2.252 ini PT yang baru mengajukan izin akreditasi. Nah kita ingin meningkatkan kualitasnya menuju pada yang A ini," ujar Nasir.
 
Untuk itu, mantan rektor terpilih Universitas Diponegoro (Undip) ini mengimbau kepada masyarakat agar tidak tertipu saat memilih perguruan tinggi. "Jangan pilih yang tidak ada di PDPT. Maka saya sarankan kepada seluruh rakyat Indonesia sebelum mendaftar lihatlah PDPT, bisa melaluimobile," seru Nasir.
 
Melalui PDPT, masyarakat akan mendapatkan informasi yang utuh tentang kualitas perguruan tinggi. "Kalau di PDPT keluar universitas di situ bermasalah, mohon jadi perhatian masyarakat. Pilihlah perguruan tinggi yang sehat," tegas Nasir.
 
Baca:Ribuan Perguruan Tinggi di Indonesia Tak Terakreditasi
 
Seperti diberitakan sebelumnya, ?Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mencatat, baru sekitar 1.676 dari total 4.651 perguruan tinggi (negeri maupun swasta) di Indonesia yang sudah terakreditasi (A,B dan C). Dari angka itu pun, jumlah yang sudah terakreditasi A hanya 73 perguruan tinggi saja.
 
“Berdasarkan data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Untuk PT (PTS dan PTN) yang sudah terakreditasi ada 1.676 PT dari total 4.651 PT yang ada di Indonesia,” kata Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Tjan Basaruddin saat dihubungi Medcom.id, Kamis 2 Agustus 2018.
 
Dengan kata lain, jumlah PT terakreditasi hanya sekitar 34 persen bahkan belum mencapai setengah dari total PT negeri ataupun swasta yang ada di Indonesia. Kondisi ini, kata Tjan, tentu saja akan menghambat upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia, dan upaya pemerintah mendorong perguruan tinggi kelas dunia (World Class University).
 
“Jadi, masih ada sekitar 3.000 PT dari total 4.651 PT itu yang belum terakreditasi,” jelas Tjan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif