Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo
Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo

Wali Kota Solo Desak Gubernur Ubah Aturan PPDB SMA

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Pythag Kurniati • 03 Juli 2019 09:51
Solo: Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mendesak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengubah kebijakan zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA. Dia meminta agar siswa asal dalam kota lebih diprioritaskan.
 
Pasalnya saat ini sistem zonasi tidak lagi melihat batas wilayah kota/kabupaten. Penyebabnya karena pengelolaan SMA kini ditangani Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.
 
"Seharusnya sistem zonasi dibatasi wilayah kota/kabupaten. Anak dari Solo harus diutamakan bisa masuk SMA di Solo," kata Rudy, Rabu, 3 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia melihat saat ini justru para peserta PPDB asal Solo banyak yang terlempar ke luar daerah. "Masa anak Semanggi malah dapat sekolah di Mojolaban, percuma saya buat sekolah bagus-bagus tapi anak enggak bisa sekolah di Solo," ujarnya.
 
Menurutnya, lokasi SMA di Solo masih belum merata. Beberapa sekolah menumpuk di Kecamatan Banjarsari, sedangkan di Pasar Kliwon tak ada satupun SMA negeri.
 
Usulan tersebut bukan berarti menutup kesempatan warga daerah lain bersekolah di Solo. "Anak luar kota bisa masuk lewat jalur prestasi," ujar dia.
 
Rudy mendesak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo agar mengambil diskresi menyelesaikan permasalahan PPDB di waktu yang tersisa ini. "Kalau saya gubernur pasti saya ambil diskresi," ujarnya.
 
Termasuk pula mengenai syarat Surat Keterangan Domisili (SKD) yang mungkin bisa disalahgunakan. "Saya yakin banyak anak daerah lain menumpang ke rumah saudara di Solo agar bisa sekolah di sini," tutupnya.
 
(ALB)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif