Mendikbud, Muhadjir Effendy usai bertemu Menkeu, Sri Mulyani Indrawati di Kemenkeu, Jakarta, Rabu, 23 Januari 2019, Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Mendikbud, Muhadjir Effendy usai bertemu Menkeu, Sri Mulyani Indrawati di Kemenkeu, Jakarta, Rabu, 23 Januari 2019, Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Mendikbud dan Menkeu Soroti Dana Transfer Daerah

Pendidikan Anggaran Pendidikan
Eko Nordiansyah • 23 Januari 2019 20:02
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memastikan agar anggaran pendidikan yang sudah dialokasikan dapat digunakan tepat sasaran. Terutama 63 persen anggaran pendidikan yang ditransfer langsung dari pusat ke daerah.
 
"Untuk memastikan bahwa anggaran pendidikan itu termanfaatkan sesuai dengan rencana dan mencapai target," kata Muhadjir ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Dirinya menambahkan, pertemuannya juga membahas soal anggaran pendidikan yang ditransfer ke daerah. Pasalnya, tahun ini sekitar 63 persen dari total anggaran fungsi pendidikan langsung ditransfer ke daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Penyelesaian 38 Gedung PTN Mangkrak Jadi Prioritas
 
Muhadjir menegaskan, Menkeu berharap anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut dapat digunakan secara tepat sasaran. Kemenkeu siap mendukung melalui peraturan maupun ketentuan yang sudah ada.
 
"Bu Menkeu terbuka, sangat mempersilakan instrumen-instrumen yang ada di Kementerian Keuangan. Terutama yang berupa peraturan-peraturan, ketentuan-ketentuan itu silakan digunakan, untuk memastikan bahwa anggaran pendidikan betul-betul tepat sasaran," jelas dia.
 
Seperti diketahui, anggaran untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini mengalami penurunan. Alokasi anggarannya hanya Rp35,9 triliun, atau turun Rp4,1 triliun dibandingkan dengan anggaran tahun lalu.
 
"Kalau Kemendikbud kan kecil hanya sembilan persen dari total anggaran pendidikan. Rp40 triliun sekarang turun Rp35 triliun untuk 2019. Karena ada beberapa program yang dialihkan ke kementerian lain terutama untuk fisik yang dialihkan ke Kementrian PUPR," pungkasnya
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi