Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

Kemendikbud Beri 'Bocoran' Contoh Soal Asesmen Nasional

Pendidikan Ujian Nasional Kebijakan pendidikan Asesmen Kompetensi Minimum
Ilham Pratama Putra • 04 November 2020 11:54
Jakarta:  Ketua Yayasan Guru Belajar, Bukik Setiawan mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah 'membocorkan' contoh soal yang bakal digunakan untuk Asesmen Nasional (AN). Soal-soal itu berfokus pada kemampuan mengelola informasi yang bersifat numerasi.
 
"Jadi yang dituntut adalah murid harus bisa mengelola informasi numerasi yang ditampilkan," ujar Bukik dalam Webinar Jurus Jitu Lulus AN: Bagaimana Seharusnya Guru dan Kepala Sekolah menyikapi AN, Selasa, 3 November 2020.
 
Contoh 'bocoran' soal-soal itu, kata Bukik, telah diunggah di laman Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kemendikbud. Dengan alamat website Pusmenjar.kemedikbud.go.ig/AKM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Informasi yang kita sampaikan akan berdasarkan informasi resmi dari kementerian, contoh soal dalam Pusmenjar, bukan bimbel (bimbingan belajar), ini resmi," terang Bukik.
 
Bukik memperlihatkan salah satu soal untuk kelas 8 jenjang SMP. Soal tersebut meminta murid melihat diskon.
 
"Bukan lagi menguji makna diskon. Murid tinggal klik benar atau salah dari pernyataan, di sini tidak mencakup rumus, tidak mencakup konten pelajaran jadi kemampuan nalarnya melihat mana diskon yang lebih besar.  Besar diskon di toko B apakah sama dengan diskon di toko C," terang Bukik.
 
Baca juga:  P2G Kritisi Webinar Berjudul 'Jurus Jitu Lulus Asesmen Nasional'
 
Sementara cara menghitung diskon telah diberikan penjelasannya pada soal tersebut. Jadi murid tinggal mengelola informasi yang ditampilkan.
 
"Jadi kemampuan nalarnya sangat penting, tidak perlu membuat rumus, selama nalarnya jalan bisa mengerjakan ini," tutup Bukik.
 
Soal-soal itu bisa diunduh di laman tersebut secara gratis. Dia berharap satuan pendidikan, guru dan orang tua bisa mendalami seperti apa yang dimaksud dengan uji AN yang berlandaskan numerasi dan literasi itu.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif