NEWSTICKER
Ilustrasi.  Foto: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Jadwal Terbaru, Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka Awal Maret

Pendidikan Pendidikan Tinggi KIP Kuliah
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Februari 2020 13:30
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan jadwal terbaru pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) 2020. Sebelumnya dijadwalkan pendaftaran KIP Kuliah akan dibuka pada 12 Februari, namun kemudian diundur menjadi awal Maret 2020.
 
Meski pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sudah dibuka sejak 14 Februari 2020 lalu, namun tidak demikian dengan pendaftaran KIP Kuliah. Sebelumnya, Plt. Direktur Pembelajaran dan Mahasiswa, Kemendikbud, Paristiyanti Nurwadani mengatakan bahwa pendaftaran KIP Kuliah sudah dapat dilakukan mulai 21 Februari 2020.
 
Namun menanggapi jadwal terbaru yang dirilis Kemendikbud, Paristiyanti mengatakan diundurnya jadwal pendaftaran KIP Kuliah tersebut lantaran masihmenunggu rampungnya payung hukum, berupa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang kini masih diproses di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Benar (menunggu Peremendikbud) dan kami dibantu full support oleh Kumham. Kita sedang berupaya melayani yang terbaik untuk adik-adik yang kurang mampu dan berpotensi akademik. Jika ada update nanti kami infokan kembali. Mohon doanya agar sistem segera selesai," kata Paristiyanti saat dihubungi Medcom.iddi Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020.
 
Selain itu, menurut Paristiyanti, data calon mahasiswa yang harus diverifikasi dan divalidasi mencapai ratusan ribu. "Insya Allah kami berupaya yang terbaik sesuai arahan Mas Menteri (Mendikbud, Nadiem Makarim) untuk memberi dan melaksanakan pelayanan prima kepada adik-adik calon mahasiswa 'Kampus Merdeka'," ujar Paristiyanti.
 
KIP Kuliah merupakan perluasan layanan dari program Bidikmisi. Tahun ini pemerintah menargetkan 818.000 mahasiswa yang dapat menerima KIP Kuliah di 2020. "Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa Bidikmisi on goingtahun 2016-2019 sebanyak 418.000 mahasiswa dan KIP Kuliah untuk calon mahasiswa baru sebanyak 400.000 mahasiswa," kata Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na'im dalam keterangan tertulisnya.
 
KIP Kuliah sendiri dikelompokkan menjadi KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.Afirmasi ini diperuntukkan bagi mahasiswa penyandang disabilitas, peserta program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk Orang Asli Papua di wilayah Papua dan Papua Barat, termasuk mahasiswa di wilayah terdepan, terluar atau tertinggal (3T) dan wilayah terdampak bencana atau konflik sosial.
 
Dalam pendaftaran yang dilakuakan secara daring ini, calon mahasiswa harus memiliki Nomer Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan alamat e-mail. Setelah mendaftarkan diri, peserta akan mendapat nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
 
Syaratnya, pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/MA tahun 2018-2020 dan berhak menerima KIP Kuliah ketika sudah dinyatakan diterima di PTN yang dituju.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif