Konferensi Pers tentang Kebijakan Beasiswa Bidikmisi di Tahun Anggaran 2019, Medcom.id/Intan Yunelia.
Konferensi Pers tentang Kebijakan Beasiswa Bidikmisi di Tahun Anggaran 2019, Medcom.id/Intan Yunelia.

Kuota Penerima Beasiswa Bidikmisi 2019 Naik 44%

Pendidikan Pendidikan Tinggi Beasiswa Bidikmisi
Intan Yunelia • 14 Januari 2019 15:43
Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memperluas pelayanan program beasiswa Bidikmisi 2019. Tahun ini jumlah penerima meningkat 44 persen. 

"Peningkatan kuota penerima bidikmisi menjadi 130.000 penerima, jumlah ini meningkat 44 persen dibanding tahun 2018," kata Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (belmawa) Kemenristekdikti, Ismunandar saat Konferensi Pers tentang Kebijakan Beasiswa Bidikmisi di Tahun Anggaran 2019 "Peningkatan Kuota Bidikmisi Tahun 2019" di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Beasiswa Bidikmisi ini tidak hanya menyasar seleksi masuk perguruan tinggi. Alokasi kuota penerima dibagi ke PTN, PTS pun dengan mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Pengalokasiannya untuk Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta termasuk Vokasi dan Mahasiswa on going yang eligible (memenuhi syarat)," ujar Ismunandar. Baca: Informasi Bidikmisi Kini Bisa Diakses Lewat Aplikasi

Selain itu, pengalokasian Bidikmisi ini juga berlaku pada Program Profesi Guru (PPG). Selain profesi dokter, dokter gigi, dokter hewan, perawat, dan apoteker. Tak hanya itu, Bidikmisi ini juga akan memasukkan khusus mahasiswa difabel.

Data penerima beasiswa ini akan diintegrasikan dengan data milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Sosial (Kemensos). "Hal tersebut untuk mendorong proses penerimaan yang lebih transparan, akuntabel dan tepat sasaran," pungkasnya.


(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi