Ilustrasi siswa MAN 2 Kota Malang. DOK Kemenag
Ilustrasi siswa MAN 2 Kota Malang. DOK Kemenag

Kemenag Rilis Hasil Assesmen Kompetensi Madrasah 2024: Literasi Siswa di 4 Bidang pada Tingkat 'Cakap'

Renatha Swasty • 17 Oktober 2024 14:32
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) merilis hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2024. Rapor AKMI 2024 dapat dilihat pada masing-masing akun madrasah pelaksana AKMI melalui laman portal-akmi.kemenag.go.id.
 
“Rapor AKMI bersifat rahasia, hanya untuk siswa, orang tua, guru, kepala madrasah, dan Kemenag. Hasilnya bisa dilihat di masing-masing akun madrasah,” kata Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama, Muchamad Sidik Sisdiyanto, saat Pembukaan Seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2024 dikutip dari laman kemenag.go.id, Kamis, 17 Oktober 2024.
 
Sidik menuturkan AKMI 2024 merupakan program penilaian kompetensi oleh Kementerian Agama melalui Direktorat KSKK Madrasah. AKMI bertujuan mengukur kemampuan dasar siswa madrasah di seluruh Indonesia dalam empat bidang utama, yaitu literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial-budaya.

AKMI 2024 dirancang untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam empat kompetensi utama. Hal ini untuk memberikan dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran di madrasah.
 
Ketua PMU REP MEQR Arif Rahman mengatakan penilaian ini dilakukan untuk siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI), kelas 8 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan kelas 11 Madrasah Aliyah (MA). Total 12.192 madrasah berpartisipasi dan melibatkan 515.980 siswa.
 
AKMI 2024 untuk jenjang MI merupakan pelaksanaan ke-4, sementara itu untuk MTs dan MA merupakan AKMI pertama. AKMI merupakan bagian dari program Realizing Education's Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) atau Reformasi Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia bekerja sama dengan Bank Dunia.
 
Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2024:

1. Literasi Membaca

Kemampuan literasi membaca siswa MI, MTs, maupun MA berada pada tingkat kemahiran Cakap dengan Capaian Kompetensi (CK) 3 untuk MI, CK5 untuk MTs, dan CK7 untuk MA dengan skor tingkat nasional masing-masing 50,04; 90,39; dan 130,78. Untuk MI, skor meningkat 0,78 poin atau 1,58 persen dibandingkan dengan tahun 2023.

2. Literasi Numerasi

Kemampuan literasi numerasi siswa MI, MTs, maupun MA berada pada tingkat kemahiran Cakap dengan Capaian Kompetensi (CK) 3 untuk MI, CK5 untuk MTs, dan CK7 untuk MA dengan skor tingkat nasional masing-masing 49,31; 89,64; dan 129,72. Untuk MI, skor menurun 0,96 poin atau 1,91 persen dibandingkan tahun 2023.

3. Literasi Sains

Kemampuan literasi sains siswa MI, MTs, maupun MA berada pada tingkat kemahiran Cakap dengan Capaian Kompetensi (CK) 3 untuk MI, CK5 untuk MTs, dan CK7 untuk MA dengan skor tingkat nasional masing-masing 50,53; 90,53; dan 130,22. Untuk MI, skor meningkat 1,07 poin atau 2,16 persen dibandingkan tahun 2023.

4. Literasi Sosial-Budaya

Kemampuan literasi sosial budaya siswa MI, MTs, maupun MA berada pada tingkat kemahiran Cakap dengan Capaian Kompetensi (CK) 3 untuk MI, CK5 untuk MTs, dan CK7 untuk MA dengan skor tingkat nasional masing-masing 50,04; 90,03; dan 130,19. Untuk MI, skor meningkat 0,24 poin atau 0,49 persen dibandingkan tahun 2023.
 
Baca juga: Kemenag Segera Verifikasi Madrasah Swasta Penerima Bantuan Sarana Prasarana

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan