Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

7 Cara Menambah Teman Selama Sekolah Online

Citra Larasati • 03 April 2022 12:25
Jakarta:  Hingga saat ini sejak dua tahun lalu, tidak sedikit sekolah yang masih menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah online.  Tanpa disadari ada perbedaan pola pertemanan yang membuat sebagian orang tua khawatir jika metode online ini akan mengurangi kemampuan anak dalam bersosialisasi dan berteman.
 
Sekolah jarak jauh tentu saja berbeda dalam banyak hal dengan sekolah tatap muka.  Jika di sekolah tatap muka kamu bisa ngobrol sembari makan bersama teman di kantin, atau sekadar berbincang di selasar kelas.  Maka suasana itu akan sulit ditemukan saat PJJ.
 
Tidak hanya ketika belajar, namun selepas pelajaran sekolah online berakhir pun akan tetap menyisakan kamu yang seorang diri di meja belajar.  Kemudian banyak siswa juga orang tua merasa bingung, bagaimana anaknya dapat membangun pertemanan selama metode belajar daring ini berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun tenang saja, menambah teman selama sekolah online bukan hal mustahil. Berikut adalah beberapa cara menambah teman selama sekolah online yang dilansir dari artikel Zenius, semoga bisa membantu kamu menambah teman, ya!

Cara Menambah Teman Selama Sekolah Online

1. Berperan Aktif dalam Kelas

Cara menambah teman selama sekolah online pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berperan aktif dalam kelas. Misalnya, seperti aktif bertanya atau aktif berkomentar untuk membangun diskusi dalam kelas Zoom.
 
Hal ini akan membuat kamu lebih di-notice oleh teman-teman sekelasmu. Dengan begitu, kamu pun nantinya akan lebih mudah untuk mulai mengajak mereka berteman.  Kamu juga jadi lebih dikenal dan tidak menjadi orang asing lagi bagi mereka.

2. Ambil Langkah Inisiatif

Selanjutnya, untuk menambah teman, kamu nggak harus menunggu mereka untuk memulai pertemanan terlebih dahulu. Kamu pun juga bisa lho, mengambil langkah inisiatif untuk berteman dengan mereka.
 
Cara menambah teman selama sekolah online ini bisa kamu lakukan dengan mulai menghubungi teman terlebih dahulu, seperti mengajak berkenalan atau mengepalai percakapan dengan mereka. Ingat, bisa jadi temanmu pun sama gugup dan cemasnya, lho, dengan kamu dalam menghadapi sekolah online ini. Oleh karena itu, coba ambil inisiatif, yuk!

3. Ikut Kegiatan Belajar Kelompok

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menambah pertemanan selama sekolah online adalah dengan ikut kegiatan belajar kelompok. Berbeda dengan belajar di ruang kelas, belajar kelompok umumnya memiliki suasana lebih santai.
 
Nah, suasana tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menambah teman. Kamu bisa memanfaatkan sela-sela waktu selama belajar kelompok untuk ngobrol dengan teman-temanmu.
 
Coba bangun percakapan yang mengasyikkan dan santai, misalnya dengan mulai meminta mereka memperkenalkan diri satu per satu ataupun bertanya pendapat mereka terhadap topik yang ingin kalian pelajari. Jangan lupa juga untuk menambahkan candaan humor santai ya supaya suasana makin seru.
 
Tapi, jangan sampai obrolan di sela waktu belajar ini bikin kamu malah mangkir dari tugas, ya. Tetap fokus pada hal yang dipelajari sambil tetap menjalin hubungan sosial dengan mereka.

4. Hadiri Berbagai Kegiatan yang Diadakan Sekolah

Walaupun sekolah dilaksanakan secara online, nyatanya berbagai kegiatan atau event sekolah tetap diadakan secara virtual, lho. Nah, kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang untuk menambah teman.
 
Suasana kegiatan yang santai dan seru akan mempermudah kamu dalam menjalin hubungan pertemanan dengan mereka. Tak hanya itu, kegiatan sekolah pun akan dihadiri oleh seluruh siswa di sekolah. Dengan begitu, kesempatan kamu untuk berteman pun semakin terbuka lebar.

5. Mulai Pertemanan di Media Sosial

Cara menambah teman selama sekolah online selanjutnya adalah dengan memulai pertemanan di sosial media. Misalnya, seperti saling follow di Instagram dan Twitter. Sosial media ini bisa menjadi tempat kamu untuk lebih banyak berinteraksi dengan teman di luar kelas. Tak hanya sosial media, kamu juga bisa memanfaatkan game-game online, nih, untuk memperkuat interaksi kamu dengan teman. Seru, ya!

6. Ikut Kegiatan Organisasi Sekolah

Kemudian, kamu pun bisa ikut kegiatan organisasi sekolah seperti OSIS dan MPK, lho, sebagai salah satu cara menambah teman selama sekolah online. Organisasi sekolah ini banyak melibatkan banyak siswa dari berbagai kelas, sehingga lingkup pertemananmu pun bisa lebih luas.
 
Tak hanya itu, organisasi sekolah juga bisa membantu kamu mendapatkan teman yang satu minat denganmu. Dengan begitu, kamu pun bisa memulai percakapan terkait bidang yang kalian suka.

7. Manfaatkan Waktu Kosong untuk Bergaul

Cara menambah teman selama sekolah online terakhir adalah manfaatkan waktu kosongmu untuk bergaul. Yup, jangan hanya terpaku pada waktu belajar di kelas saja, kamu pun juga bisa mengisi waktu kosongmu dengan bergaul dengan teman-teman di sekolah, lho.
 
Baca juga:  3 Gaya Belajar Agar Hasil Lebih Maksimal
 
Salah satu contohnya seperti mengisi waktu kosong dengan nobar (nonton bareng) film terbaru dengan teman lewat Zoom atau Google Meet ataupun sekedar chit chat saja dengan obrolan seru lewat group call. Kalau situasi pandemi sudah cukup mereda, kamu pun juga bisa mengajak mereka bertemu secara langsung.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif