Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. DOK Tangkapan layar saat Zoom Meeting.
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. DOK Tangkapan layar saat Zoom Meeting.

Ketua Komisi X: Tak Perlu Alergi dengan Partai Mahasiswa Indonesia

Pendidikan Pendidikan Tinggi DPR RI Perguruan Tinggi Mahasiswa Partai Mahasiswa Indonesia
Ilham Pratama Putra • 25 April 2022 17:01
Jakarta: Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, tak mempermasalahkan mahasiswa mendirikan partai, yaitu Partai Mahasiswa Indonesia. Dia menyebut tak perlu alergi dengan mahasiswa yang membuat partai.
 
"Tidak perlu alergi memang mahasiswa membikin partai, walaupun saya membayangkan, Partai Mahasiswa Indonesia ini belum menjadi partai peserta pemilu," kata Huda kepada Medcom.id, Senin, 25 April 2022.
 
Huda mengatakan ada dua kategori melihat partai. Pertama, partai politik, kedua, partai peserta pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Partai Mahasiswa Indonesia ini hanya sebagai partai politik, dia artinya akan tetap menjadi politik jalanan esktra parlementer. Saya kira enggak ada masalahnya kalau mereka terlembaga menjadi bagian partai politik," tutur dia.
 
Huda menilai bakal terjadi perubahan dalam demokrasi Indonesia bila Partai Mahasiswa Indonesia menjadi partai politik peserta pemilu. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilia demokrasi bisa menjadi kurang menarik.
 
"Watchdog demokrasi itu pilarnya kampus. Dan kampus itu, isinya mahasiswa dan intelektual dan cendekiawan. Tapi, kekuatan kontrol demokrasi, sebagai watchdog demokrasi sebenarnya teman-teman mahasiswa," tutur dia.
 
Huda tak mempermasalahkan mahasiswa ikut berpolitik praktis. Dia menilai sejauh ini mahasiswa telah menjadi bagian dari politik.
 
"Ya mahasiswa tidak bepolitik di kampus dan membawa almamater ke partai. Intinya enggak apa-apa menjadi partai. Selama ini mereka sudah menjadi partai dalam konteks tertentu," tutur dia.
 
Baca: Pendirian Partai Mahasiswa Indonesia, Pengamat: Mahasiswa Berhak Ikut Aktivitas Politik
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif