Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Mahasiswa Diminta Tak Terus Berada di Zona Nyaman

Ilham Pratama Putra • 23 Februari 2022 13:23
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta mahasiswa keluar dari zona nyaman. Nadiem menyebut banyak tantangan di luar kampus yang harus dihadapi mahasiswa.
 
"Yang berarti kalian keluar dari zona nyaman kalian. Yang namanya keluar dari zona nyaman itu pasti banyak sekali hal-hal yang baru, tantangan yang belum pernah ketemu, permasalahannya yang harus ditangani," kata Nadiem dalam Pelepasan Penugasan Kampus Mengajar 3 secara daring, Rabu, 23 Februari 2022.
 
Nadiem meminta mahasiswa terus belajar dan menantang diri di lingkungan baru. Dia menyebut sosok pemimpin masa depan tidak bertahan dalam zona nyaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga menyebut mahasiswa tidak boleh hanya unggul secara akademis. Namun, harus terbuka belajar dan terus menantang diri di luar kampus.
 
"Calon pemimpin masa depan bukan cuma pintar. Yang IPK-nya tinggi, tapi yang mau terus terbuka dan belajar dan menantang dirinya," ujar Nadiem.
 
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kata Nadiem, dirancang untuk melatih kepemimpinan mahasiswa serta menjawab tantangan di lingkungan luar kampus. Dia mendorong mahasiswa mengikuti program-program MBKM untuk mendapatkan pengalaman baru.
 
"Program MBKM ini membantu mahasiswa melatih kepemimpinannya," kata dia.
 
Baca: Nadiem Minta Perguruan Tinggi Berikan Hak Mahasiswa Ikut Kampus Mengajar
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif