Ilustrasi UTBK-SBMPTN. DOK ITS
Ilustrasi UTBK-SBMPTN. DOK ITS

Jangan Langsung Pulang, Lakukan Ini Usai Selesai UTBK-SBMPTN

Medcom • 17 Mei 2022 09:18
Jakarta: Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) Gelombang I digelar hari ini, Selasa, 17 Mei 2022. Ada sejumlah peraturan yang mesti ditaati peserta, salah satunya aturan selepas mengerjakan soal.
 
"Setelah tes selesai, calon mahasiswa wajib menunggu hingga dipersilakan keluar oleh pengawas ujian," dikutip dari Instagram @ltmptofficial, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Jika sudah selesai mengerjakan soal, namun masih ada waktu tersisa, peserta tidak diperbolehkan langsung keluar ruangan. Sambil menunggu, sebaiknya gunakan waktu itu untuk memeriksa jawaban kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manakala ada jawaban yang kurang yakin, peserta bisa segera memperbaikinya. Dengan begitu, peserta berkesempatan memperoleh poin UTBK lebih besar.
 
Ketika sudah diperkenankan keluar ruangan, peserta harus menjaga jarak dengan peserta lain. Selain itu, juga diwajibkan mengenakan masker.
 
Sesampainya di rumah, segera bersihkan diri. Hal ini merupakan bagian dari protokol kesehatan pencegahan covid-19.
 
Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 dibedakan dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua akan digelar mulai 28 Mei-3 Juni 2022.
 
Untuk pakaian yang digunakan selama tes, ada beberapa setelan yang dilarang. Di antaranya, peserta tidak diperbolehkan memakai kaus oblong, celana jeans, celana pendek, dan sandal jepit.
 
Sebaiknya, gunakan baju berkerah. Seperti baju kemeja lengan pendek atau panjang, baju batik lengan pendek atau panjang, baju hem, dan kaus Polo berkerah.
 
Selama ujian berlangsung, peserta diharuskan membawa sejumlah dokumen. Di antaranya kartu peserta UTBK-SBMPTN, identitas diri berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar, serta surat keterangan lulus.
 
Meski ujian dilaksanakan menggunakan komputer, peserta disarankan untuk membawa alat tulis. Sejumlah pusat UTBK bahkan mewajibkan peserta membawa alat tulis, seperti pensil, pulpen, dan penghapus untuk coret-coret hitungan. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Cek Ketentuan Berpakaian di Pusat UTBK di ITS, Unair, dan Unesa
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif