Konferensi pers Kongres Diaspora Indonesia ke-5. Foto: Medcom.id/ Syahrul Ramadhan.
Konferensi pers Kongres Diaspora Indonesia ke-5. Foto: Medcom.id/ Syahrul Ramadhan.

IDN-Global Gelar Kongres Diaspora Indonesia ke-5

Pendidikan diaspora indonesia
Muhammad Syahrul Ramadhan • 12 Agustus 2019 03:10
Jakarta: Indonesian Diaspora Network – Global (IDN-Global) menggelar Kongres Diaspora Indonesia ke-5 “The Fifth Congress of Indonesian Diaspora”. Mengangkat tema “Empowering Indonesia’s Human Capital”.
 
Chairman Board of Trustees IDN-Global (2017-2019) Dino Patti Djalal mengatakan, kongres ini akan mempertemukan Diaspora Indonesia untuk berdiskusi mengenai isu dan tantangan pembangunan Sumber Daya Manusia dari berbagai sektor. Baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang dimana tujuan akhir dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).
 
"Pada perhelatan kali ini kami berusaha menghadirkan semua topik utama dari isu ekonomi, Sumber Daya Manusia, pekerja migran Indonesia hingga kebudayaan dalam sesi paralel. Kongres ini adalah salah satu bentuk dukungan kami atas visi 2045 yang digaungkan oleh Presiden Jokowi Widodo yang menyoroti Human Capital Development," kata Dino di Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Sabtu 10 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden IDN Global 2017 – 2019 Mark Gerald Eman mengungkapkan tema “Empowering Indonesia’s Human Capital" diangkat karena kekayaan diaspora adalah SDM. "Kami sungguh mempercayai bahwa pembangunan SDM merupakan kunci keberhasilan pembangunan Indonesia” ujarnya.
 
Wakil Ketua Umum IDN Global (2017 – 2019) Said Zaidansyah mengungkapkan bahwa tema kali ini juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi perihal pembangunan SDM dan Diaspora. Dimana Jokowi menyoroti perihal pembangunan SDM sebagai kunci masa depan Indonesia dan dukungan kepada Diaspora Indonesia untuk dapat memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia.
 
"Bahwa salah satu tujuan utama dari kegiatan diaspora selama ini adalah pembangunan SDM sesuai dengan arahan Presiden Jokowi pada saat pidato kebangsaan di Sentul beberapa waktu yang lalu," ungkapnya.
 
Congress of Indonesian Diaspora (CID) merupakan acara yang diselenggarakan oleh IDN-Global setiap dua tahun sekali. Jaringan komunitas ini berhasil menghubungkan para Diaspora Indonesia, yang juga semakin terhubung dengan Tanah Air.
 
IDN-Global menjadi pintu kolaborasi untuk mendukung kemajuan Indonesia dari berbagai sektor. IDN-Global percaya, melalui visi Connecting The Dots and Expanding The Opportunities, Diaspora akan menjadi aset potensial untuk pembangunan Indonesia, khususnya di bidang Sumber Daya Manusia.
 

(EKO)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif