Tokoh Pendidikan H.A.R Tilaar. Foto: Dok. Pribadi
Tokoh Pendidikan H.A.R Tilaar. Foto: Dok. Pribadi

Tokoh Pendidikan H.A.R Tilaar Tutup Usia

Pendidikan meninggal dunia
Intan Yunelia • 30 Oktober 2019 14:46
Jakarta: Dunia pendidikan nasional berduka, tokoh pendidikan Indonesia, Henry Alexis Rudolf (H.A.R) Tilaar meninggal dunia pagi ini, Rabu, 30 Oktober 2019. Suami Martha Tilaar ini meninggal dunia pukul 10.48 di RSPAD Gatot Subroto.
 
Guru besar emeritus pada Program Pascasarjana dan Direktur Utama Lembaga Manajemen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini tutup usia dalam usia 87 tahun. "HAR Tilaar meninggal tadi pagi. Saya mau melayat beliau," kata Pengamat Pendidikan Najeela Shihab, saat ditemui Medcom.id di Plasa Senayan, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Dari informasi yang diterima, beliau akan disemayamkan di Rumah Duka Sentosa di RSPAD Gatot Subroto di ruang VIP G. Tilaar meninggalkan satu orang istri, Martha Tilaar dan empat orang anak yaitu Bryan David Emil, Pingkan Engelien, Wulan Maharani, dan Kilala Esra.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tilaar merupakan pendidikan sejati yang telah memulai bakti mengajarnya sejak 1952. Hingga di masa pensiunnya pun, Tilaar dikenal sangat kritis dalam memperhatikan kinerja pendidikan nasional.
 
Ia memiliki riwayat pendidikan di Louwenier School (sekolah rakyat) pada masa kolonial Belanda di 1946. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke Chr. Normaal School, Tomohon, dan tamat dengan pujian pada 1950.
 
Kemudian ia meneruskan studinya ke pendidikan tingkat menengah atas di Kweek School, Tomohon dan tamat dengan pujian pada 1952. Pada 1957-1959, Tilaar meneruskan pendidikannya di Sekolah Pendidikan Guru B-I dan B-II Ilmu Mendidik di Bandung dan juga lulus dengan pujian.
 
Tilaar menuntaskan kuliahnya di Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 1961 dengan predikat cum laude. pada 1964 ia melanjutkan sekolah di University of Chicago dan memperoleh gelar Master of Science of Education Indiana University, Bloomington, Amerika Serikat, pada 1967. Gelar Doctor of Education diperoleh Tilaar dari universitas yang sama pada 1969.
 
Tilaar mengisi masa pensiunnya dengan berkeliling dunia dan melakukan riset tentang pendidikan, mengembangkan kemampuannya, dan menulis berbagai buku tentang pendidikan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif