Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto

Kurikulum Merdeka Dinilai Mampu Jadi Komponen Hadapi Perubahan Zaman

Ilham Pratama Putra • 16 Agustus 2022 19:33
Jakarta: Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagmaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag), Imam Safe'i, mengatakan Kurikulum Merdeka memiliki banyak manfaat. Utamanya, dalam menghadapi masa depan.
 
"Memang zaman berubah, masa depan berubah, salah satu kompenen penting menghadapi perubahan zaman ini adalah Kurikulum Merdeka ini," kata Imam secara daring, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Dia menilai Kurikulum Merdeka mampu memandu satuan pendidikan menghadirkan pendidikan yang lebih relevan pada siswa. Satuan pendidikan juga lebih mudah menentukan tujuan pembelajaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana hasilnya nanti berangkat dari Kurikulum. Dengan mempelajari kurikulum insyallah kita paham, titik berangkat kita, titik tiba kita, kita tahu akan persoalan dalam pendidikan kita," tutur dia.
 
Sementara itu, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Abu rokhmad, menyatakan pemerintah telah memikirkan dengan matang penyelenggaraan Kurikulum Merdeka. Pemerintah telah memikirkan penerapan kurikulum baik dari sisi filosofis, implementasi,  dan target pendidikan.
 
Dia meminta satuan pendidikan memahami Kurikulum Merdeka. Abu juga mendorong pimpinan satuan pendidikan mempelajari dan mencari tahu hakikat Kurikulum Merdeka.
 
"Saatnya kita terus juga cari informasi terkait kajian Merdeka Belajar, apa hakikat dari Merdeka Belajar, filosofinya, ini perlu kita tahu agar kita memiliki pemahaman yang komplet. Dan nantinya kita akan yakin dengan Kurikulum Merdeka telah untuk dijadikan dengan semangat dalam meraih berbagai ilmu pengetahuan," tutur Abu.
 
Baca juga: Kurikulum Merdeka Tak Bisa Diterima Tanpa Hati yang Senang

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif