Ilustrasi wawancara kerja. Pexel
Ilustrasi wawancara kerja. Pexel

Mengenal Management Trainee, Program Incaran Fresh Graduate

Pendidikan Lowongan Kerja karier Mahasiswa
Medcom • 18 April 2022 19:09
Jakarta: Belakangan ini, banyak perusahaan retail atau pemasaran mengadakan Management Trainee (MT). Program itu ditujukan bagi fresh graduate untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin nantinya.
 
Berbeda dengan internship atau magang, MT terhitung sebagai pekerjaan penuh waktu. Lantas, apakah tanggung jawab, keuntungan, dan besaran gaji peserta MT sama dengan karyawan tetap? Dikutip dari Cakap, berikut pembahasannya:

Apa itu Management Trainee?

Management Trainee adalah suatu program perusahaan yang merekrut karyawan untuk bekerja sekaligus mempersiapkan mereka menjadi manajer. Peserta akan dilatih supaya memiliki pengetahuan esensial dalam bidang tertentu sesuai fungsi dan bisnis perusahaan.
 
Dalam program Management Trainee, ada trainee atau peserta, dan trainer yang merupakan manager atau executive dari perusahaan. Proses training itu sendiri juga memiliki beberapa tahapan dalam jangka waktu tertentu, termasuk evaluasi dan penilaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, tidak semua perusahaan memiliki program MT. Biasanya, perusahaan yang bergerak di bidang retail, pemasaran, dan penjualan lebih cenderung mengadakan program ini.

Keuntungan mengikuti Management Trainee

Program MT akan membuat peserta mengembangkan berbagai soft skill dan hard skill dalam dunia kerja. Sebab, dalam prosesnya, peserta bakal diajari cara mengerjakan suatu pekerjaan dari awal hingga akhir.
 
Selain itu, peserta MT juga berkesempatan mendalami setiap pekerjaan fungsional dalam industri tertentu, mengingat program ini hanya diadakan oleh perusahaan dengan bidang tertentu. Seperti penjualan, pemasaran, produksi, hingga retail.
 
Tak cuma membuat pesertanya kian terampil, MT juga akan membuat mereka terhubung dengan banyak orang. Memiliki koneksi profesional yang luas tentu akan membuka banyak kesempatan ke depannya.
 
Keuntungan lainnya ialah fresh graduate akan memiliki hak dan kewajiban layaknya seorang karyawan. Sebab, peserta MT terhitung sebagai karyawan perusahaan secara resmi.
 
Tidak hanya sampai diangkat menjadi karyawan, peserta MT pun berkesempatan untuk naik tingkat seiring dengan berkembangkan pengalaman. Apalagi, mereka memang telah dipersiapkan untuk berada di posisi manajer.

Tugas Management Trainee

Program MT tidak sama dengan magang karena benar-benar mempersiapkan peserta untuk menjadi bagian dari perusahaan yang mengadakan. Oleh karena itu, ada program dan materi yang harus mereka kuasai, yakni:
  1. Mengevaluasi dan memantau kinerja dan kemajuan kerja orang lain
  2. Berkolaborasi dengan manajer untuk merencanakan hasil kerja untuk organisasi
  3. Membantu dalam proses mengembangkan dan melembagakan kebijakan, tujuan dan sasaran kinerja
  4. Mendapatkan pengalaman dan perspektif dengan bekerja di berbagai departemen organisasi, seperti personalia, merchandising, pembelian, layanan pelanggan, penjualan dan pemasaran
  5. Menyelesaikan pengajaran di kelas dalam berbagai topik yang terkait dengan rotasi departemennya
  6. Mengambil dan lulus tes dan evaluasi untuk melanjutkan program
  7. Menghadiri kuliah dan konferensi yang akan membantu perkembangan mereka
  8. Mempelajari resolusi konflik yang efektif dan mengamati dengar pendapat disiplin
  9. Membuat proyek dan presentasi lisan
  10. Berpartisipasi dalam semua aspek proses perekrutan, termasuk wawancara, perekrutan dan kemudian orientasi/pelatihan karyawan baru
  11. Menganalisis laporan perusahaan untuk mengevaluasi aktivitas inventaris organisasi, laba kotor, dan penjualan
  12. Mengidentifikasi tren dan kemudian mengembangkan rekomendasi berdasarkan informasi yang dikumpulkan
  13. Bekerja dengan akun klien yang sudah mapan
  14. Mengamati dan melatih dengan staf yang berpengalaman untuk mempelajari tentang standar, prosedur dan metode yang digunakan agar efektif di setiap departemen
  15. Mempelajari berbagai fungsi dan operasi untuk semua karyawan, serta praktik dan kebijakan yang mempengaruhi setiap fase bisnis

Gaji Management Trainee

Sebagaimana karyawan perusahaan pada umumnya, peserta MT akan mendapatkan gaji sesuai pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka. Setiap perusahaan memiliki kebijakan gaji yang berbeda berdasarkan lokasi, jenis industri, hingga hal-hal lainnya.
 
Meski demikian, rata-rata program ini memberikan gaji di atas UMR. Untuk wilayah Jabodetabek, rata-rata gaji program MT adalah di atas Rp5 juta.
 
Jumlah yang cukup besar untuk fresh graduate ini tentu sebanding dengan besarnya tanggung jawab dan tugas-tugas yang akan dibebankan. Tidak menutup kemungkinan juga management trainee dalam industri tertentu bergaji lebih tinggi dengan tanggung jawab lebih banyak.
 
Lantaran menawarkan keuntungan yang menarik, banyak fresh graduate mendaftar Management Trainee. Alhasil, perusahaan terkait memberlakukan serangkaian proses seleksi yang ketat dengan syarat beragam.
 
Umumnya, kualifikasi yang dibutuhkan ialah mampu berkomunikasi dengan baik, menguasai komputer dan beberapa software sesuai bidang, serta dapat melakukan presentasi dengan baik. Namun, sebaiknya periksa langsung persyaratan MT pada website masing-masing perusahaan yang mengadakannya. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Ingin Sukses Wawancara Kerja? Ini Hal-hal yang Mesti Diperhatikan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif