Penandatanganan kerja sama DRRC UI dengan Gulkarmat DKI. Foto: Dok DRRC UI.
Penandatanganan kerja sama DRRC UI dengan Gulkarmat DKI. Foto: Dok DRRC UI.

DRRC UI Gandeng Gulkarmat DKI Petakan Risiko Kebakaran di Jakarta

Pendidikan kebakaran Pendidikan Tinggi Universitas Indonesia Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 25 April 2022 00:40
Jakarta: Disaster Risk Reduction Center (DRRC) Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta. Kerja sama mencakup manajemen kebakaran dan penyelamatan, serta rekomendasi program berkelanjutan.
 
Ketua Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) DRRC UI, Fatma Lestari, mengatakan, kerja sama ini akan melibatkan banyak sivitas akademika. Mulai dari para dosen, peneliti, mahasiswa dan alumni UI dengan keahlian dari K3 FKM UI, Geografi FMIPA UI, Fakultas Hukum UI, dan Fakultas Teknik UI. 
 
"Diharapkan kajian yang dilakukan memberikan gambaran risiko kebakaran wilayah manajemen kebakaran di wilayah DKI Jakarta," ujar Fatma melalui keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan hasil kajian ini akan dituangkan dalam bentuk pemetaan wilayah manajemen kebakaran di DKI Jakarta hingga tingkat RW. Sehingga, dapat diketahui wilayah mana saja dengan risiko kebakaran tinggi di DKI Jakarta
 
"Data-data hasil kajian akan dibuat dalam bentuk sistem informasi dengan visualisasi yang interaktif, dan dapat memberikan rekomendasi untuk program dan keberlanjutan." ungkap dia.
 
Baca: Terapkan CIEL, Lulusan Vokasi UI Siap Masuk Bursa Kerja
 
Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan menjelaskan kerja sama ini dibuat untuk melaksanakan kegiatan yang didasari prinsip saling menguntungkan. Serta, dilakukan dengan memanfaatkan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki masing-masing pihak. 
 
"Perjanjian Kerja Sama ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun terhitung sejak tanggal ditandatangani," ungkap Satriadi.
 
Satriadi memerinci, ruang lingkup pekerjaan yang disepakati dalam perjanjian kerja sama ini yakni kajian Wilayah Manajemen Kebakaran dan Penyelamatan (WMKP) DKI Jakarta, kajian klasifikasi risiko kebakaran pada bangunan gedung tinggi di Jakarta. Serta, rekomendasi program berkelanjutan berdasarkan kajian WMKP DKI Jakarta.
 
"Kita juga bekerja sama dalam hal pembuatan Sistem Informasi tingkat resiko kebakaran dan penyelamatan dan tipe/tema WMKP. Termasuk sosialisasi, workshop dan FGD," ucap Satriadi.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif